Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aroma Essensial Oil yang Cocok untuk Kamar Tidur

Kamar tidur dengan pilihan pengharum ruangan yang tepat dapat memberikan efek relaksasi serta meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur menjadi lebih nyaman dan berkualitas.

Salah satu pengharum ruangan yang saat ini sedang digandrungi banyak orang adalah minyak esensial.

Selain praktis mengharumkan ruangan, minyak esensial terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk dihirup.

Nah, untuk menciptakan aroma kamar tidur yang menenangkan dan membuat tidurmu lebih nyenyak, ada beberapa aroma minyak esensial yang bisa dijadikan rekomendasi. 

Melansir, The Good Trade, Kamis, (24/06/2021), berikut adalah lima aroma essensial oil yang cocok untuk kamar tidur.

Chamomile

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa meminum teh chamomile sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Ya, khasiat serupa juga dapat dirasakan dengan menghirup aroma chamomile pada kamar tidur.

Selain itu, menghirup aroma chamomile juga berkhasiat meredakan stres. Caranya, oleskan minyak chamomile di telapak kaki, pergelangan tangan, atau menggunakan diffuser.

Manfaat lain dari minyak bunga chamomile adalah dapat menenangkan emosi serta menghilangkan kecemasan dan kegelisahan.

Kayu cedar (Cedarwood)

Aroma essensial oil yang cocok untuk kamar tidur selanjutnya adalah kayu cedar. Aroma ini dapat  meredakan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

Minyak kayu cedar diyakini memiliki sifat penenang alami dan meningkatkan perasaan aman juga nyaman.

Kamu bisa menggunakan diffuser atau mengoleskan langsung minyak ini ke bantal untuk membuat terlelap lebih cepat. Aroma kayu cedar juga ampuh melawan pilek dan menghalau serangga di rumah.

Minyak neroli adalah obat tidur yang luar biasa karena sifatnya yang dapat menenangkan dan membantu meredakan insomnia hingga peradangan dan nyeri otot.

Minyak ini juga telah terbukti mengurangi tekanan darah, meredakan kecemasan, dan bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

Disarankan menggunakan neroli dengan bijak dan sedikit demi sedikit karena ini adalah salah satu minyak paling mahal di dunia.

Kenanga (Ylang Ylang)

Minyak esensial kenanga berasal dari pohon kenanga di hutan hujan Asia dan Pasifik Selatan. Minyak kenanga memiliki aroma essensial oil yang cocok untuk kamar tidur lantaran sangat harum dan memiliki efek sedatif.

Gunakan beberapa tetes minyak ini pada malam hari untuk menciptakan aroma relaksasi di kamar tidur atau menambahkan ke bak mandi air hangat untuk mengurangi stres dan ketegangan otot.

Lavender

Wewangian dari bunga lavender sangatlah populer digunakan sebagai pewangi ruangan. Biasanya minyak lavender dipakai untuk relaksasi juga memperbaiki kualitas tidur.

Menurut penelitian, minyak bunga lavender dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Gunakan minyak lavender satu jam sebelum tidur.

Untuk kenyamanan maksimal, kamu juga dapat mengoleskan satu atau dua tetes pada bantal atau mengoleskan langsung pada kaki, tangan, pergelangan tangan, dan pelipis.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/24/204153876/5-aroma-essensial-oil-yang-cocok-untuk-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke