Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mendekorasi Kamar Tidur Sempit Terlihat Lebih Luas

Namun, kamar tidur sempit bukan berarti akan terasa kecil selamanya. Jika kamu pandai  mendekorasi dan menatanya, kamar tidur sempit bisa terasa lebih luas.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (17/6/2021), berikut ini cara mendekorasi kamar tidur sempit agar terasa lebih luas. 

Letakkan furnitur mepet ke dinding

Usahakan menempatkan furnitur besar seperti tempat tidur, meja belajar, lemari dan sebagainya mepet ke dinding kamar. Hal ini dapat membuat kamar tidur sempit menjadi lebih luas karena menghemat ruang di lantai.

Ruang gerak pun menjadi lebih leluasa karena setiap furnitur tertata di setiap sudut dan menempel pada dinding kamar tidur. 

Pasang cermin 

Selain untuk berkaca, cermin adalah benda yang mampu membuat ruang sempit menjadi terlihat lebih luas akibat efek ilusi yang ditimbulkannya. 

Meski ukuran kamar tidur sebenarnya sempit, meletakkan cermin, khususnya cermin berukuran besar, dapat memberikan efek luas dan lega.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengusahakan menempatkan cermin dengan bentuk vertikal dan tanpa bingkai lebar. 

Pilih warna cat yang terang

Cara mendekorasi kamar tidur sempit terlihat lebih luas dapat dilakukan dengan mengaplikasikan cat. Warna cat memainkan peran penting untuk sebuah ruangan mana pun.

Gunakan cat dinding bewarna terang seperti putih agar memberi kesan lebih luas pada kamar tidur sempit. Gunakan warna cat putih untuk seluruh permukaan dinding kamar tidur.

Kamu bisa mengombinasikan warna cat putih dengan warna-warna pastel seperti baby blue atau salem. 

Jangan menggantung hiasan ukuran besar

Jika suka menggantungkan hiasan di kamar tidur, ketahui bahwa itu bisa membuat kamar tidur sempit menjadi begitu terasa sempit.

Meski begitu, kamu tetap bisa menggantung hiasan lucu dan menarik di dinding, tapi dalam ukuran kecil agar dinding kamar tidur tetap ada ruang kosong yang bisa menimbulkan efek lebih luas. 

Gunakan seprai warna putih atau polos

Seprai dengan motif dan warna-warna mencolok dapat membuat kamar tidur terkesan penuh sesak. Apalagi, ketika warnanya kontras dengan cat dinding kamar tidur yang sempit.

Jadi, apabila ingin memberikan kesan lega dan luas, gunakan seprai berwarna putih dengan motif polos.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/17/151000976/cara-mendekorasi-kamar-tidur-sempit-terlihat-lebih-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke