Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Yogurt untuk Tanaman, Jadi Pupuk hingga Usir Embun Tepung

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogurt adalah salah satu produk probiotik yang baik untuk kesehatan manusia. Sebab, yogurt dapat membantu meningkatkan pencernaan, suasana hati, dan kekebalan tubuh.

Namun demikian, yogurt juga memiliki serangkaian manfaat bagi tanaman. Ya, yogurt juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tanaman Anda.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Rabu (9/6/2021), berikut beberapa manfaat yogurt untuk tanaman yang perlu diketahui.

Yogurt adalah produk susu, hasil fermentasi bakteri susu, terutama bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus bertanggung jawab atas manfaat kesehatannya, seperti memperlancar pencernaan.

Yogurt juga dapat bermanfaat bagi tanaman seperti halnya untuk kesehatan usus Anda. Bakteri dan jamur tanaman dikenal sebagai endofit, mereka adalah probiotik tanaman.

Telah ditemukan dalam penelitian bahwa tanaman seperti kacang polong, lentil, kentang, dan buncis memiliki bakteri baik di umbinya, membantu dalam memperbaiki nitrogen.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Washington, AS, probiotik membantu memperbaiki kandungan nitrogen tanaman, meningkatkan pertumbuhannya.

Endofit dalam bintil tanaman, bekerja dengan cara yang sama seperti probiotik bekerja untuk kesehatan pencernaan kita pada manusia.

Manfaat yogurt untuk tanaman dan cara menggunakannya

1. Pembunuh penyakit jamur tanaman

Gunakan yogurt di kebun untuk melindungi tanaman dari penyakit jamur seperti busuk, jamur, dan embun tepung.


Ambil satu sendok makan yogurt tawar, dalam secangkir air, dan isi campuran dalam botol semprot. Semprotkan larutan ini pada daun yang terkena.

Anda dapat menggunakannya setiap hari sebagai tindakan pencegahan. Mikroba dalam yogurt melawan organisme patologis dengan membuat lapisan pada daun.

2. Tambahkan ke kompos

Tuangkan yogurt secara menyebar ke dalam kompos dan tutupi dengan serbuk gergaji dan daun. Penggunaan yogurt akan meningkatkan kesuburan tanah dan tingkat mikroba.

Kompos yogurt dapat meningkatkan produksi tanaman kebun umum, sayuran, rempah-rempah, dan buah-buahan.

3. Sebagai pupuk tanaman

Anda dapat menggunakan yogurt jadi pupuk tanaman, yakni pupuk organik alami, di kebun. Yogurt memberikan nitrogen dan fosfor ke tanah tanpa meninggalkan senyawa buatan yang berbahaya.

Campurkan yogurt dengan air, dengan perbandingan 50:50, dan tuangkan di sekitar akar tanaman, sekali atau dua kali dalam sebulan. Aplikasi yogurt akan meningkatkan kemampuan asupan nitrogen tanaman.

4. Menumbuhkan lumut

Yogurt adalah salah satu media terbaik untuk menumbuhkan lumut. Untuk ini, campurkan satu cangkir yogurt dengan 2 sendok lumut ke dalam blender sampai membentuk pasta kental.

Tuangkan pada ruang yang diinginkan untuk tumbuh. Sirami permukaan secara teratur, dan lumut akan berkembang dalam waktu singkat.

5. Untuk pohon jeruk

Anda dapat mengoleskan satu atau dua cangkir yogurt tawar di sekitar pangkal pohon jeruk lemon atau pohon jeruk lainnya selama musim tanam, sekali dalam 4-6 minggu, untuk pertumbuhan tanaman yang sehat dan kuat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/09/085915976/5-manfaat-yogurt-untuk-tanaman-jadi-pupuk-hingga-usir-embun-tepung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke