Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kerak yang Menempel di Tungku Kompor Gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Tungku merupakan komponen penting pada sebuah kompor gas, yang berguna sebagai penyangga untuk meletakkan panci atau wajan.

Ketika api di kompor gas dinyalakan terus menerus untuk memasak, tungku kompor bisa menghasilkan tumpukan kerak hitam akibat dari sisa proses pembakaran yang terjadi.

Kerak hitam yang menumpuk di tungku kompor perlu dibersihkan, agar tidak terlihat jorok dan mengganggu nyala api di kompor gas.

Dikutip dari kanal Youtube Bisnis Ibu Rumah Tangga, Rabu (2/6/2021), berikut ini cara membersihkan tumpukan kerak hitam yang ada di tungku kompor.

Cara membersihkan kerak hitam di tungku kompor

Bahan-bahan yang perlu disediakan

Cara membersihkan

1. Pastikan kamu menggunakan sarung tangan plastik untuk menghidari risiko paparan reaksi kimia, lalu taburkan soda kue secara merata di atas permukaan tungku kompor yang berkerak.

2. Siramkan cuka makan ke tungku kompor yang baru ditaburkan soda kue.

Cuka yang disiramkan ke tungku kompor yang telah ditaburi soda kue akan menghasilkan busa akibat reaksi kimia yang terjadi.

3. Setelah diberikan cuka makan, diamkan selama 10 menit agar campuran soda kue dan cuka makan dapat melunakan kerak-kerak hitam di tungku kompor.

4. Setelah didiamkan 10 menit, sikat tungku kompor dengan sikat gigi bekas atau spons kawat untuk merontokan kerak. Gosok tungku kompor secara menyeluruh sampai bersih.

5. Untuk kerak-kerak di tungku kompor yang benar-benar keras dan sulit dilepaskan, kamu bisa mengikisnya dengan menggunakan pisau.

6. Agar pembersihan bisa menjadi lebih maksimal, kamu bisa kembali menaburkan soda kue dan menuangkan cuka makan agar memudahkan sisa-sisa kerak bisa rontok.

7. Setelah tungku kompor tampak bersih dan terbebas dari kerak, kamu bisa mencucinya dengan sabun pencuci piring dan keringkan sebelum diletakkan kembali ke kompor gas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/02/180400576/cara-membersihkan-kerak-yang-menempel-di-tungku-kompor-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke