Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Kecil agar Terlihat Luas dan Menarik

Di ruangan ini, biasanya keluarga berkumpul dan melakukan kegiatan seperti acara pertemuan keluarga, mengobrol bersama, bermain game, dan menonton film. 

Karena itu, ruang keluarga harus didekorasi semenarik mungkin dan menyenangkan agar dapat memberi kehangatan serta kenyamanan.

Namun, mendekorasi ruang keluarga sempit agar terlihat besar dan menarik butuh tantangan. Tata letak dan dekorasi yang salah dapat membuat ruang keluarga makin kecil serta tidak efisien. 

Untungnya, ada banyak cara mendekorasi ruang keluarga sempit. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa momen desain terbesar sering kali datang dalam kemasan kecil.

Nah, berikut ini ide dekorasi ruang keluarga kecil tampak luas dan menarik dilansir dari laman Real Simple, Jumat, (21/5/2021).  

Memasukkan cermin

Memadukan atau memasukan cermin ke ruang keluarga tidak hanya membuat ruangan terlihat bagus, tetapi juga dapat memantulkan cahaya dengan tepat sehingga membuat ruangan tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Itulah mengapa cermin sering kali disebut sebagai sihir dekorasi. 

Furnitur fungsi ganda

Saat memilih furnitur untuk ruang keluarga yang kecil, kepraktisan adalah kuncinya. Sederhananya, ruangan tidak memiliki cukup ruang untuk meja kopi, meja samping, dan banyak tempat penyimpanan lainnya.

Untuk itu, pilihlah furnitur yang memiliki fungsi ganda. Selain menambah estetika ruangan, furnitur juga harus menjadi tempat penyimpanan atau memiliki ruang penyimpanan yang banyak. 

Meja Bersarang

Bila furnitur fungsi ganda tidak menarik minat Anda, mungkin satu set nesting table atau meja bersarang bisa jadi pilihan. Meja ini dapat menyelinap dengan nyaman di lantai satu sama lain sehingga dapat menikmati furnitur semaksimal mungkin tanpa harus menghabiskan ruangan.

Rak Mengapung

Keberadaan rak buku dapat memakan banyak ruang dan membuat ruangan terasa sesak, terlebih pada ruang keluarga yang kecil. 

Sebagai solusinya, gunakan beberapa rak apung di ruang keluarga. Cara ini tak hanya bagus untuk memamerkan koleksi buku milik Anda, tetapi juga membantu membuat ruangan terasa efisien dan lapang. 

Kursi cadangan

Sofa menjadi elemen dekorasi yang menarik dan mewah. Namun, di ruang keluarga kecil, penting memilih sofa yang tepat secara teliti. Ukuran yang besar dapat mempersempit ruangan. 

Untuk itu, pilih sofa yang berukuran kecil atau sesuai dengan ukuran ruang keluarga. Bila ada acara keluarga, kamu cukup menambahkan kursi cadangan yang bisa dilipat.

Jadi, saat perayaan tinggal memasang kursi. Begitu pun ketika selesai perayaan, lipat dan simpan kursi kembali. 

Buat tanaman gantung

Meski ruangan keluarga kecil, bukan berarti tidak boleh memasukkan tanaman. Untuk menghemat ruang, pilih tanaman gantung.

Selain membersihkan udara di dalam ruang keluarga kecil, teknik ini dapat menarik perhatian Anda ke atas serta membuat ruangan tampak lebih tinggi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/21/130000576/6-ide-dekorasi-ruang-keluarga-kecil-agar-terlihat-luas-dan-menarik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke