Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Cara Ini, Cermin dan Kaca Lebih Berkilau

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terlihat mudah, namun membersihkan kaca dan cermin merupakan sebuah tantangan tersendiri, sebab sering kali cermin dan kaca masih meninggalkan noda setelah dibersihkan.

Namun, dilansir dari The Spruce, Senin (17/5/2021), dengan menggunakan alat dan metode yang tepat dapat membuat tugas ini akan lebih mudah, berikut cara membersihkan kaca dan cermin agar lebih bersih dan menghemat biaya serta waktu.

1. Bersihkan dari atas ke bawah

Agar cermin dan kaca bebas dari goresan, bersihkan dari atas ke bawah, hal ini dilakukan karena larutan pembersih dapat menetes ke bawah dan memastikan agar tidak ada tetesan yang terjadi pada permukaan kaca dan cermin yang sudah dibersihkan.

2. Bersihkan di hari berawan atau mendung

Hindari membersihkan kaca di saat cuaca sedang terik, karena sinar matahari dapat mengeringkan cairan pembersih kaca sebelum waktunya dan meninggalkan residu serta goresan.

Jika membersihkan kaca dilakukan di hari mendung, larutan pembersih akan tetap ada sampai Anda menyekanya.

3. Gunakan squeegee

Squeegee adalah alat yang digunakan untuk menyeka cairan saat pembersihkan kaca. Dengan menggunakan ini, kaca dan cermin akan lebih bersih, karena terkadang hanya menggunakan lap kain tidak akan menghilangkan larutan pembersih secara sempurna.

Alat pembersih yg terbuat dari karet bergagang panjang adalah suatu keharusan jika Anda akan membersihkan jendela tinggi.

4. Gunakan cotton bud

Residu yang menumpuk di sudut kaca akan sangat sulit untuk dibersihkan, untuk itu Anda harus memiliki alat khusus. Cotton bud dapat menjadi pilihan dalam membersihkan area yang sulit dijangkau dari jendela di rumah atau bagian cermin.

5. Kaos bekas

Kaos bekas ideal untuk membersihkan kaca karena tidak ada residu seratnya dan cukup menyerap untuk membersihkan kaca jendela.

Selain itu, menggunakan kaus lama sebagai pengganti handuk kertas adalah cara yang bagus untuk menghemat uang untuk biaya rumah tangga dan baik untuk lingkungan.

6. Larutan pembersih DIY

Terkadang larutan buatan sendiri bekerja dengan baik, lebih ekonomis, dan tidak mengandung bahan kimia.

Untuk membuat pembersih kaca dan cermin sendiri, campurkan 1 cangkir alkohol gosok, 1 cangkir air, dan 1 sendok makan cuka. Ini juga dapat digunakan untuk memberikan kilau yang bagus pada keramik, krom, dan permukaan lainnya.


7. Cegah tetesan pembersih

Banyak pembersih kaca dan jendela dapat menyebabkan kerusakan pada area kayu berbingkai pada cermin dan jendela kita.

Untuk itu, cegah tetesan ini dengan meletakkan kain kecil di atas kayu atau ambang jendela untuk menyerap tetesan. Dan hindari menyemprotkan terlalu banyak pembersih sekaligus.


https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/17/090345476/pakai-cara-ini-cermin-dan-kaca-lebih-berkilau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke