Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman untuk Berkumpul

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sebuah bangunan rumah, ruang keluarga merupakan sebuah ruangan yang mampu untuk menyatukan seluruh penghuni rumah. 

Oleh karena itu, ruang keluarga harus didesain dan ditata dengan apik sekaligus nyaman, agar interaksi keluarga yang terjadi pada ruangan ini membuat siapa pun betah.

Apabila nuansa maupun tampilan suasana ruang keluarga di rumahmu tampak tak mengundang dan tidak membuat betah, maka segera lakukan perubahan.

Tidak tahu bagaimana cara menciptakan ruang keluarga yang nyaman? Mari simak beberapa cara menciptakan ruang keluarga yang lebih nyaman dan menarik secara tampilan, dikutip dari berbagai sumber, Rabu, (14/4/2021).

1. Maksimalkan cahaya alami

Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah sangat membantu dekorasi secara umum, dan itu juga bagus untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Untuk hal ini, kamu perlu memasang jendela besar di sekitaran ruang keluarga yang akan menerangi seluruh ruangan dan membantu membuat tampilannya terlihat lebih bagus secara keseluruhan.

Tak perlu khawatir apabila kamu tidak memiliki jendela besar. Jendela berukuran normal setidaknya sudah cukup untuk mendapatkan cahaya alami masuk.

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak cahaya untuk ruang keluarga yang nyaman adalah dengan mengecat dinding dengan warna putih dan menghindari furnitur berwarna gelap.

2. Gunakan furnitur terbaik

Berinvestasilah dengan furnitur terbaik yang kamu inginkan dengan harga terbaik yang kamu mampu. Salah satu furnitur yang perlu hadir pada ruang keluarga adalah sofa atau sofabed, jadi pilih yang terbaik.

Selain itu, karpet atau permadani tak ketinggalan. Pilih material karpet terbaik dan lembut yang membuat siapapun yang duduk atau tiduran di sama menjadi nyaman dan betah.

3. Hadirkan sesuatu yang membuatmu dan keluarga betah

Bagi beberapa orang mungkin mengelilingi diri mereka dengan tanaman dan alam, bagi yang lain itu mungkin berarti menggunakan pola cerah untuk menghidupkan ruang.

Pikirkan tentang apa yang menghubungkanmu ke rumah dan kelilingi dirimu dengan hal-hal yang kamu sukai.

Dengan memberikan makna yang lebih dalam pada suatu ruang dan memikirkan secara cermat tentang objek di sekitar kita, kita dapat menciptakan interior yang nyaman dan bersahabat di berbagai tingkatan, di luar hanya sekedar estetika.

4. Perhatikan warna ruangan

Dinding putih dan furnitur berwarna terang adalah pilihan yang lebih baik. Tapi bagaimana dengan dekorasimu?

Untuk ruang keluarga yang nyaman disarankan menggunakan warna tenang dan netral, karena itu membantu seseorang untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan, santai dan nyaman.

Cobalah palet warna coklat, krem, kuning, persik, terakota, atau pastel. Mereka akan membuat ruang keluargamu terlihat indah dan nyaman, serta menjadi lebih hangat dan menarik.


5. Lempar banyak bantal

Bisakah kamu benar-benar memiliki terlalu banyak bantal? Mereka adalah cara instan (dan relatif hemat anggaran) untuk menghadirkan tekstur, pola, dan warna ke ruang keluargamu.

6. Siapkan lampu yang bagus

Walaupun cahaya alami adalah pencahayaan yang sangat penting, tapi kamu tidak akan selalu bisa mengandalkan cahaya matahari.

Oleh karena itu, kamu juga butuh sumber cahaya buatan yang baik juga sebagai penerangan pada malam hari dan kondisi cuaca yang gelap.

Lampu utama ruang keluarga baik yang digantung maupun yang diletakkan di sudut ruangan bisa menjadi ide bagus. Meletakkan lampu di sudut atau di ujung sofa ruang keluarga juga merupakan cara yang baik yang menghadirkan kesan unik.

7. Jangan lupakan penyejuk

Entah itu AC, air cooler, maupun kipas angin sekali pun terasa penting untuk menciptakan suasana nyaman dan bebas gerah di ruang keluarga. Seharusnya perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyejukkan sudah kamu pasang di ruang keluarga.

8. Berikan pengharum ruangan

Untuk kenyamanan di ruang keluarga, maka hadirkan aroma wangi. Tak perlu membeli pengharum ruangan buatan, kamu bisa menciptakan wangi alami dari campuran bahan bumbu dan buah-buahan.

Sebagai contoh, kamu bisa mencampurkan potongan 1 buah apel, 3 batang kayu manis, 1 sendok makan cengkeh dan setengah sendok makan vanilla.

Tambahkan air dan rebus bahan-bahan tadi hingga mendidih untuk dijadikan pengharum ruangan alami.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/14/183404076/8-cara-menciptakan-ruang-keluarga-yang-nyaman-untuk-berkumpul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke