Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tanaman Ini Hasilkan Oksigen, Bantu Jaga Kinerja Otak Saat Puasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menjalankan ibadah puasa, tidak sedikit orang seperti dihantui oleh rasa lemas dan konsentrasi yang berkurang pada otak.

Pada saat berpuasa, organ lambung dan otak disebut mengalami perubahan saat asupan tidak masuk, sehingga rasa lapar dan kurang konsentrasi bisa muncul pada seseorang.

Khusus untuk otak, perubahannya tidak signifikan, karena fungsinya masih tetap sama seperti kinerja otak saat tidak berpuasa.

Oleh sebab itu, saat berpuasa kamu tetap perlu menjaga kesehatan otak agar bisa tetap konsentrasi, salah satu caranya adalah mendapatkan suplai oksigen yang baik.

Oksigen sendiri sangat dibutuhkan otak agar dapat menjalankan fungsinya. Apabila ketersediaan oksigen berkurang, hal itu dapat memiliki dampak negatif pada fungsi otak.

Untuk menghasilkan oksigen lebih banyak sehingga melancarkan kegiatan puasamu, di bawah ini terdapat 10 tanaman penghasil oksigen yang bisa kamu koleksi di rumah, dilansir beberapa sumber, Rabu (14/4/2021).

1. Lidah buaya

Succulent abadi seperti lidah buaya dikenal baik untuk kulitmu. Ia sering dikenal sebagai tanaman ajaib karena memiliki banyak manfaat medis dan merupakan ramuan pengobatan yang terkenal.

Ini adalah tanaman yang sangat baik untuk memurnikan udara, karena menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara.

Lidah buaya juga dikenal untuk melepaskan oksigen di malam hari. Ini adalah tanaman dalam ruangan yang sangat baik untuk oksigen.

2. Sirih gading

Tanaman dedaunan yang indah dan hidup, sirih gading atau pothos sangat mudah dirawat. Ini adalah tanaman yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Sirih gading dikenal karena mengeluarkan racun dari udara seperti formaldehida, benzena dan karbon monoksida.

Ini adalah tanaman dalam ruangan yang mengagumkan untuk oksigen dan melepaskan oksigen di malam hari.

3. Lili paris

Lili paris atau tanaman laba-laba adalah salah satu tanaman dalam ruangan termudah untuk tumbuh.

Lili paris dikenal dapat meningkatkan kualitas udara dengan menyaring karbon monoksida, formaldehida, dan benzena. Ini adalah tanaman dalam ruangan yang luar biasa untuk oksigen.

Ia juga dikenal karena menyebarkan getaran bahagia dan membantu mengatasi kecemasan dan stres.


4. Pinang

Dikenal mampu menyerap polutan berbahaya dari udara, pinang merupakan salah satu tanaman dalam ruangan terbaik untuk menjernihkan udara.

Pinang tidak hanya dikenal untuk memurnikan udara, tetapi juga membantu perkembangan anak dan janin. Menjaga tanaman ini di rumah membantu memperkuat sistem saraf juga.

5. Lidah mertua

Dedaunan pemurni udara yang sangat baik, lidah mertua adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling disukai.

Lidah mertua diakui oleh NASA untuk memurnikan udara dan menyerap racun seperti formaldehida, nitrogen oksida, benzena, xilena, dan trikloroetilen. Ia dikenal untuk menambahkan oksigen ke ruangan dan menyerap karbon dioksida.

6. Tulsi

Tanaman tulsi memiliki beberapa manfaat. Memelihara tanaman ini di dalam rumah diketahui dapat membawa kesehatan dan keberuntungan ke dalam rumah.

Selain khasiat spiritualnya, tanaman tulsi dikenal sebagai ratu jamu dan memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan.

Memelihara tanaman tulsi di dalam rumah meningkatkan suplai oksigen karena memberikan oksigen 20 jam sehari. Ini juga menyerap gas berbahaya seperti karbon monoksida, karbon dioksida dan sulfur dioksida dari udara.

7. Tanaman bambu

Tanaman bambu menghilangkan toluene dari udara yang merupakan cairan tidak berwarna dengan bau yang menyengat dan memiliki efek berbahaya seperti iritasi hidung, mata, dan tenggorokan.

Tanaman ini juga menyaring racun berbahaya dari atmosfer seperti benzena, dan formaldehida. Menyimpan atanaman bambu di rumah dapat meningkatkan kadar oksigen secara drastis.

8. Dracaena

Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

9. Krisan

Tanaman penghasil oksigen berikutnya adalah krisan atau Chrysanthemum morifolium.

Krisan memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dan menghilangkan paparan zat berbahaya seperti formaldehida, xylene, benzena, dan amonia.

Selain memberi suplai oksigen, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk menghiasi ruangan.

10. Aglonema

Sri rejeki alias aglonema merupakan tanaman penghasil oksigen yang dapat difungsikan pula untuk mempercantik ruangan.

Tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis Asia ini mampu menetralisir udara dan menghilangkan zat beracun seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylen.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/14/115936476/10-tanaman-ini-hasilkan-oksigen-bantu-jaga-kinerja-otak-saat-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke