Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ide Menghias Meja Makan untuk Sahur dan Buka Puasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kegiatan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, tentu hal ini tak hanya sekadar menyiapkan makanan terbaik sebagai menu sahur dan berbuka, tapi juga tentang dekorasi meja makan maupun ruang makan.

Baik saat kamu mengadakan makan malam untuk berbuka puasa atau sahur, terdapat banyak cara untuk mendekorasi meja makanmu untuk periode Ramadhan yang meriah, meski masih diselimuti pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, penting untuk menata meja makan yang kamu miliki di rumah agar membuat suasana sahur dan berbuka yang kamu lakukan bersama keluarga terasa semarak.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (12/4/2021), berikut ini beberapa tips menata maupun menghias meja makan maupun ruang makan yang kamu miliki di rumah.

1. Gunakan ornamen emas

Untuk berbuka puasa yang mewah, percantik meja makanmu di rumah dengan kilatan warna emas kontras pada ornamen-ornamen tertentu untuk menciptakan suasana meja makan yang menarik dan akan dikagumi.

Gunakan cermin, permukaan reflektif, dan lampu untuk menerangi warna emas dan menghasilkan suasana khusus. Ornamen berwarna emas sendiri seakan kental dengan budaya bangsa Arab atau Timur Tengah.

2. Hiasi dengan lampu lentera

Lampu menonjolkan suasana pesta dan menciptakan lingkungan spiritual sempurna untuk refleksi dan suasana buka puasa yang akrab.

Oleh karena itu, gunakan lampu lentera hias yang kamu inginkan, karena lentera cahaya juga sering dikaitkan dengan bulan suci Ramadhan

3. Hias meja makan

Dari potongan bunga di tengah meja makanmu hingga piring dan serbet yang menarik, berkreasilah dengan gaya berbeda dan bereksperimen dengan desain yang kontras untuk meja makan yang sempurna untuk sahur dan berbuka.

Kamu juga bisa membuat tampilan meja makan khusus Ramadhan dengan gambar atau hiasan bulan dan bintang, lilin dan dekorasi yang menandakan Ramadhan.

4. Pilih palet warna

Dari menu sahur dan buka puasa, hingga persiapan makanan dan tata letak meja makanmu, setiap aspek penting untuk dilakukan dengan benar.


Jadi, pilih palet warna yang sesuai dengan rumah dan gayamu, dan mulailah mendekorasi.

5. Buat meja khusus

Dari bantal bertebaran warna-warni hingga pencahayaan luar ruangan yang cantik dan kehijauan taman, kamu bisa menyiapkan meja makan khusus untuk berbuka puasa atau sahur secara lesehan.

Ini dapat menciptakan lingkungan magis dan pengaturan yang sempurna untuk keluarga saat berkumpul ketika berbuka puasa maupun sahur.

6. Stylish dan chic

Dari detail monokrom hingga sendok garpu emas dan dekorasi meja yang rumit, ide dekorasi meja makan Ramadhan menonjolkan gaya dan kesederhanaan, karena rumahmu harus menyeimbangkan agama, tradisi, dan desain.

7. Letakkan papan khusus hitung mundur

Kamu dapat menghitung mundur ke Idul Fitri bersama keluargamu dengan memajang kalender kreatif atau papan kapur di meja makan.


8. Gunakan peralatan makan unik

Ide lain yang bisa kamu coba untuk menata meja makan adalah pemilihan peralatan makan unik. Kamu bisa memilih beberapa alat makan yang memiliki daya tarik di meja makan.

Selain itu, kamu bebas memilih desain, bisa dengan gaya vintage, antik atau sesuatu yang modern.

9. Lapisi meja makan dengan taplak plastik

Meja makan yang kamu miliki memang bisa terlihat lebih cantik apabila dilapisi dengan taplak meja dengan berbagai motif menarik

Untuk momen sahur, buka puasa, hingga hari raya Idul Fitri kamu sebaiknya melapisi meja makanmu dengan taplak dengan plastik transparan yang menutupi area meja.

Dengan menggunakan tapak plastik, setidaknya kamu tidak perlu khawatir dengan noda atau tumpahan makanan di meja makan berhargamu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/12/184400176/ide-menghias-meja-makan-untuk-sahur-dan-buka-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke