Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, Ini Tanda Tanaman Kekurangan Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurangnya air adalah salah satu alasan paling umum mengapa tanaman tidak sehat, layu, dan mati.

Meskipun menyiram terlihat mudah dilakukan, namun hal ini menjadi kesulitan tersendiri karena jika kekurangan atau kelebihan air akan menyebabkan tanaman mati.

Dilansir dari Gardening Know How, Rabu (17/3/2021), untuk menghindari atau meminimalkan masalah yang terkait dengan kekurangan air, ketahui tanda-tanda tanaman terlalu sedikit air.

Risiko terlalu banyak penyiraman

Risiko utama dari terlalu sedikit air untuk tanaman adalah kematian. Seperti hewan, tumbuhan membutuhkan air agar bisa berkembang dan hidup.

Beberapa alasan terpenting tanaman membutuhkan air antara lain, untuk melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan energi dan makanan, serta memindahkan nutrisi dari tanah ke batang.

Beberapa faktor menentukan seberapa banyak Anda perlu menyirami tanaman, termasuk jenis tanaman, iklim, kondisi tanah, cuaca, dan lokasi.

Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk mengetahui berapa banyak tanaman hias atau tanaman kebun yang disiram.

Saat tanaman kekurangan air, maka mereka akan memperlihatkan berbagai tandanya, sebagai berikut:

1. Tanaman Layu

Ini adalah tanda klasik tanaman di bawah air. Terlalu sedikit air menyebabkan tanaman kehilangan turgor, kekakuan dalam sel dan jaringan.

Ada beberapa penyakit yang dapat memicu layu, tetapi penjelasan termudah dan paling mungkin adalah di bawah air.

2. Tanah kering

Jika tanah di sekitar tanaman kering, mungkin dibutuhkan lebih banyak air. Pengecualian untuk ini adalah beberapa tanaman sukulen, seperti kaktus, yang tidak membutuhkan banyak air karena dapat menyimpannya dengan baik.

3. Ujung daun kering dan mati

Jika tanaman tidak mendapatkan cukup air, ujung dan tepi daun akan mengering dan berubah menjadi cokelat. Pada akhirnya, seluruh daun akan berwarna cokelat dan mati.

4. Pertumbuhan lambat

Jika Anda secara terlalu banyak menyiram tanaman, pertumbuhan akan lebih lambat dari biasanya atau diharapkan. Pertumbuhan baru, seperti daun, memiliki kecil kemungkinan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/17/182600276/perhatikan-ini-tanda-tanaman-kekurangan-air-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke