Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkadang kamu yakin sudah membersihkan semua bagian rumahmu. Padahal, seringkali ada beberapa tempat di rumah yang sering dilewatkan saat dibersihkan.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (16/3/2021), berikut adalah enam tempat yang sering terlewatkan untuk dibersihkan. 

1. Kolong

Saat kamu melihat ke bawah tempat tidur atau sofa, biasanya akan terlihat debu yang sebenarnya bisa cepat dibersihkan dengan penyedot debu atau kain pel. Tetapi kita seringkali lupa untuk membersihkannya.

Tak hanya kolong tempat tidur, kolong meja makan, atau kolong sofa juga seringkali luput dari pembersihan rutin.

Gunakan penyedot debu atau tongkat debu untuk menyingkirkan jaring laba-laba, debu, dan kotoran setidaknya dua kali setahun.

2. Atas lemari, pintu, dan bingkai foto

Saat kamu sedang membersihkan, luangkan waktu untuk melihat ke bagian atas. Kamu mungkin akan melihat kotoran.

Karena, kita cenderung mengabaikan kotoran di tempat yang jarang dilihat. Secara rutin membersihkan bagian atas kusen pintu, dapur dan lemari penyimpanan yang tinggi, bingkai foto, dan sudut langit-langit.

Saat membersihkan rumah bagian atas, periksa juga bagian atas lampu hias dan kipas langit-langit.

Kain lap sekali pakai dengan gagang yang dapat diperpanjang adalah alat terbaik untuk membersihkan debu dan jaring laba-laba. Jika kamu tidak memilikinya, gunakan kain mikrofiber bersih yang diikatkan ke sapu atau gagang pel dengan karet gelang.

3. Ventilasi udara

Ventilasi udara yang ada di atas pintu, atau dekat langit-langit dapur. Ventilasi yang ditutupi jaring-jaring, juga seringkali terlupakan untuk dibersihkan.

Bersihkan ventilasi dengan lap microfiber atau lap sekali pakai. Untuk jaring-jaring, jika bisa dilepas, lepas jaring dan cuci menggunakan sabun. Jika tidak bisa dilepas, kamu bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya.

4. Lantai kamar mandi

Untuk kamu yang meggunakan kamar mandi kering dan WC duduk, bagian lantai closet yang kering seringkali lupa untuk dibersihkan. Padahal, di tempat ini kuman dan bakteri bisa berkembang biak.


Untuk itu bersihkan lantai closet seminggu sekali dengan disinfektan.

5. Penyedot debu dan alat pembersih

Jika semua alat pembersihmu kotor, maka setiap kali menggunakannya kamu mungkin justru menyebarkan kotorannya ke seluruh rumah.

Untuk itu, sering-seringlah mengosongkan mengosongkan penampung kotoran atau membuang kantong sekali pakai dari penyedot debu. Kamu juga bisa mencuci tempat penampungan kotoran secara menyeluruh setiap bulan sekali, atau lebih.

Selain itu, kepala pel dan sikat pembersih juga harus dibersihkan dengan air panas dan disinfektan setelah digunakan.


6. Tanaman dalam ruangan

Apakah tanaman dalam ruanganmu asli atau sintetis, mereka dapat menumpuk debu. Kebanyakan tanaman hidup mudah dibersihkan hanya dengan disiram dengan air di bawah pancuran.

Jika terlalu besar untuk dipindahkan, gunakan kain mikrofiber atau kemoceng sekali pakai untuk menyeka setiap daun.

Untuk tanaman sintetis, entah itu dari kain atau plastik, kamu bisa membawanya keluar untuk dibersihkan debunya. Atau, jika memungkinkan, kamu bisa mencucuinya dengan sabun dan mengeringkannya untuk kemudian kembali dipajang di dalam ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/16/200700976/6-tempat-di-rumah-yang-sering-lupa-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke