Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Berat Badan Kucing yang Ideal? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pernah melihat kucing atau kucing peliharaan Anda berbadan gemuk, ada pandangan bahwa penampilan ini lucu dan menggemaskan. Namun, kondisi kelebihan berat badan atau obesitas pada kucing tidak baik.

Dilansir dari WebMD, Senin (15/3/2021), diyakini saat ini jumlah kucing obesitas melebihi jumlah kucing dengan berat badan yang ideal. Para dokter hewan pun kerap menjumpai kucing yang sangat gemuk.

“Masalahnya bagi kita adalah kita suka memanjakan kucing kita, dan kucing suka makan, jadi mudah untuk memberi makan sedikit berlebihan,” kata Philip J Shanker, DVM, pemilik The Cat Hospital di Campbell, California, AS.

Obesitas pada kucing adalah hal yang harus dianggap serius. Bahkan hanya beberapa kilogram ekstra dapat membuat kucing Anda lebih mungkin untuk mengalami beberapa masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan membuat masalah lain, seperti radang sendi, menjadi lebih buruk.

Kondisi kelebihan berat badan bahkan bisa membuat kucing tidak merawat diri dengan benar. Menghindari kelebihan berat badan akan menghasilkan kucing yang lebih sehat dan bahagia.

Sebagian besar kucing domestik harus memiliki berat sekitar 10 pon atau 5 kilogram, meskipun itu dapat bervariasi berdasarkan ras dan kerangka.

Seekor kucing Siam beratnya hanya 5 pon atau 2,5 kilogram, sedangkan kucing Maine Coon bisa memiliki berat 25 pon atau 12,5 kilogram dan sehat.

Dokter hewan dapat memberitahu Anda jika kucing kelebihan berat badan, tetapi ada beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan sendiri, menurut Melissa Mustillo, DVM, seorang dokter hewan di A Cat Clinic di Maryland.

“Kucing seharusnya memiliki penampilan tubuh seperti jam pasir saat Anda melihat ke bawah, perutnya tidak boleh kendor, dan Anda harus bisa merasakan tulang rusuknya,” terang Mustillo.

Kenaikan berat badan kucing biasanya tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang diberikan, serta kebosanan.


“Saat mereka bosan, mereka berpikir, 'Sebaiknya saya pergi makan. ... Oh, lihat tidak ada makanan di mangkuk saya, saya akan mengganggu ibu untuk makan lebih banyak," tutur Mustillo.

Adapun ketika kucing merengek, banyak pemilik yang menyerah untuk membuat hewan peliharaan mereka senang.

Cara mencegah kucing kelebihan berat badan

Ada beberapa cara yang dapat membantu mencegah kucing kelebihan berat badan, antara lain sebagai berikut.

1. Gantilah makanan kering dengan makanan kaleng

Makanan kaleng cenderung memiliki lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat. Makanan kaleng juga merupakan cara yang baik untuk mengatur waktu makan yang berbeda untuk hewan peliharaan Anda.

Banyak kucing yang bertambah berat badannya ketika pemiliknya meninggalkan semangkuk kibble kering sehingga mereka bisa makan sepanjang hari.

2. Kurangi camilan

Kucing juga bisa mendapatkan hadiah lain, seperti waktu bermain dengan Anda.

3. Buat kucing Anda bekerja untuk makanannya

Dokter hewan telah menemukan bahwa kucing lebih sehat dan lebih tenang ketika pemiliknya menggunakan "teka-teki makanan", yang harus digulung atau dimanipulasi oleh kucing untuk mendapatkan camilan.

Anda dapat menyembunyikan beberapa di kompartemen kotak anggur atau membuat satu atau lebih lubang kecil di botol plastik dan mengisinya dengan kibble.

Teka-teki memperlambat cara makan mereka sambil memanfaatkan naluri alami mereka untuk berburu dan mencari makan.

4. Beri makan terpisah

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, Anda mungkin perlu memberi makan kucing yang kelebihan berat badan di ruangan terpisah atau meletakkan makanan kucing yang beratnya sehat di tempat yang tinggi di tempat yang tidak dapat ditampung kucing yang gemuk.


Sebelum Anda melakukan diet pada kucing, lakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan mereka tidak memiliki masalah medis yang mendasarinya. Mungkin cukup untuk mengganti merumput sepanjang hari di atas kibble dengan makanan yang ditentukan.

Namun, kucing yang lebih berat mungkin perlu beralih ke makanan diet kaleng atau diet resep khusus yang memiliki lebih banyak protein, vitamin, dan mineral per kalori.

"Bersabarlah. Jika tujuan Anda adalah (kucing Anda) kehilangan berat badan, mungkin perlu waktu 6 bulan, mungkin hingga satu tahun. Ini sangat lambat," papar Mustillo.

Satu hal yang perlu diingat adalah, jangan pernah membuat kucing Anda kelaparan. Kucing, terutama kucing yang lebih besar, dapat mengalami gagal hati jika mereka tidak makan bahkan selama beberapa hari

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/15/105300376/berapa-berat-badan-kucing-yang-ideal-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke