Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Hal yang Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kualitas Udara Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu telah terkurung di rumah untuk waktu yang lama akibat pandemi Covid-19 yang masih mengancam, kamu akan tahu betapa tidak menyenangkannya berada di ruangan yang pengap.

Kualitas udara yang buruk bisa berdampak buruk pada kesehatanmu, menyebabkan masalah pernapasan seperti asma, memperburuk atau bahkan menyebabkan alergi, dan dapat menjadi faktor penyebab kamu merasa lelah sepanjang waktu.

Pada saat yang sama, sebuah penelitian baru-baru ini mengatakan bahwa pembersih udara sebenarnya berbahaya di ruang tertutup.

Untungnya, ini juga merupakan masalah yang mudah diperbaiki dan kamu tidak akan membutuhkan renovasi besar yang menguras biaya.

Dilansir dari HGTV, Sabtu (6/3/2021), berikut ini 10 hal yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kualitas udara di rumah.

1. Ventilasi udara yang baik

Ventilasi udara yang baik adalah senjata penting dalam perang melawan kualitas udara yang buruk. Ini sangat penting untuk ruangan dengan tingkat kelembapan yang tinggi, seperti ruang bawah tanah, karena ini salah satu langkah pertama dalam mencegah jamur, pemicu utama masalah pernapasan.

Jika cuaca memungkinkan, buka pintu dan jendela agar udara segar mengalir melalui rumahmu. Sebaiknya lakukan ini saat tingkat lalu lintas di rumah rendah dan udaranya lebih bersih.

2. Kain yang bersih

Segala macam kain, mulai dari karpet dan furnitur berlapis kain hingga tempat tidur dan bahkan pakaianmu mengumpulkan debu dan bulu serta menyediakan lingkungan yang sempurna untuk tungau debu.

Cuci hingga bersih secara teratur untuk menjaganya tetap bersih, terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan. Jika kain memungkinkan, cuci denhan air hangat hingga panas adalah yang terbaik.

Sebaiknya kamu juga mempertimbangkan untuk mengganti karpet dengan kayu keras atau ubin.

3. Filter bersih

Alasan adanya filter di sistem AC, tungku dan range hood adalah untuk menyingkirkan hal-hal yang mencemari udara.


Namun, setelah beberapa saat filter tersebut tersumbat oleh hal-hal yang mereka saring dan kemudian tidak berfungsi dengan baik lagi.

Jadi, periksa secara teratur semua filter di rumahmu, bersihkan jika kamu bisa dan ganti bila perlu.

4. Saluran udara bersih

Saluran udara ada untuk mendistribusikan udara hangat dan dingin secara merata ke seluruh rumahmu. Namun saluran udara yang kotor juga akan menyebarkan debu, bulu dan kontaminan lainnya dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Memeriksa dan membersihkan saluran udara secara teratur tidak hanya akan meningkatkan kualitas udara di rumahmu, tetapi juga membantu menghilangkan bau asap rokok dan bau tidak sedap lainnya.

5. Pastikan tidak ada kebocoran

Salah satu penyebab paling umum dalam mengurangi kualitas udara di rumahmu adalah jamur dan salah satu penyebab terbesar jamur adalah tingkat kelembapan yang tinggi.

Langkah pertama untuk menghentikan tumbuhnya jamur adalah dengan mengurangi tingkat kelembapan dan itu dimulai dengan memperbaiki semua kebocoran air di rumahmu.

6. Pembersih udara

Pembersih atau penjernih udara menyaring udara di dalam ruangan dengan menangkap partikel debu dan polutan lainnya. Mereka dirancang untuk bekerja untuk satu kamar daripada seluruh rumah.

Jika tidak mungkin mendapatkan penjernih udara untuk setiap ruangan, kamu dapat membeli 1 atau 2 alat portabel dan memindahkannya ke tempat yang paling membutuhkannya, misal ruang kerajinan tempat kamu menggunakan lem dan cat yang mungkin mengandung racun.

7. Pastikan furnitur tidak beracun

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sumber kualitas udara yang buruk, seperti furniturmu. Kayu lapis, misalnya, dapat menjadi sumber utama formaldehida.

Penghambat api dan perawatan yang menjaga kain bebas kusut dan tahan noda juga melepaskan campuran bahan kimia berbahaya ke udara. Untungnya, semakin mudah untuk menemukan furnitur tidak beracun yang tidak akan lebih mahal daripada cicilannya.


8. Gunakan produk pembersih ramah lingkungan

Jika kamu rutin membersihkan rumah, sebaiknya gunakan produk pembersih ramah lingkungan yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang melepaskan racun ke udara.

Produk pembersih rumah yang ramah lingkungan bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan-bahan seperti cuka, soda kue, dan sebagainya, cari berbagai sumber di internet.

9. Letakkan tanaman pemurni udara

Beberapa tanaman dalam ruangan dapat memicu alergi, terutama jika menghasilkan serbuk sari atau rentan berjamur.

Namun, ada juga banyak tanaman dalam ruangan yang membersihkan udara dan membuang racun. Beberapa tanaman dalam ruangan terbaik untuk udara bersih termasuk lidah mertua, sirih gading, lidah buaya, pakis Boston, dan anggrek ngengat.

10. Singkirkan kekacauan dan barang yang mengganggu

Kekacauan tidak hanya membuat pembersihan lebih sulit tetapi juga mengumpulkan debu. Apalagi pernak pernik bisa melepaskan zat beracun yang mencemari udara.

Jiika kamu ingin meningkatkan kualitas udara rumahmu, inilah saatnya untuk merapikan kekacauan dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai yang hanya akan membuat pengap rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/06/135700976/10-hal-yang-dibutuhkan-untuk-meningkatkan-kualitas-udara-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke