Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Valentine, Ini Tips Menata Meja untuk Makan Malam Romantis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hari Valentine tiba, inti dari perayaan hari kasih sayang tersebut bisa berupa makan malam romantis antara kamu dan orang yang spesial bagimu.

Sayangnya, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mungkin tidak bisa membuatmu melakukan makan malam romantis di restoran atau tempat makan favoritmu berdua.

Oleh karena itu, agar kamu dan pasanganmu terhindar dari paparan virus, kenapa tidak untuk makan malam romantis dari rumah?

Terdapat beberapa tips yang kamu butuhkan untuk menyiapkan makan malam romantis untukmu dan seseorang yang spesial.

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (14/2/2021), tips berikut ini akan membantumu menciptakan makan malam yang intim, hangat, dan unik.

1. Pilih meja yang tepat

Memilih meja yang relatif kecil adalah kunci untuk mendekatkanmu dan pasangan. Meja bundar bekerja paling baik, tetapi jika kamu memiliki meja persegi, itu juga akan berfungsi dengan baik.

2. Pasang taplak meja dan serbet

Tambahkan lebih banyak keanggunan pada dekorasi makan malammu dengan menggunakan taplak meja dan serbet kain.

Kamu direkomendasikan untuk menggunakannya dalam warna putih. Jangan menggunakan serbet kertas, karena itu hanya akan menghilangkan suasana yang elegan dan romantis.

3. Gunakan peralatan makan yang tepat

Pilih peralatan makanmu dengan hati-hati untuk makan malam romantis berdua. Gunakan piring berwarna solid dan peralatan makan dari perak.

Cari juga bentuk bulat dan tipis. Dan gelas anggur juga merupakan suatu keharusan.

4. Ciptakan pencahayaan yang sempurna

Gunakan lilin untuk menciptakan suasana romantis dan lembut yang bertujuan untuk pencahayaan redup.


Lilin akan menerangi mejamu dan menciptakan suasana yang hangat dan romantis. Coba gunakan 2 lilin putih besar yang diletakkan di tempat lilin.

Atau, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang lebih alternatif, cobalah lilin lebar pendek dan hiasi dengan pita. Cari opsi lilin tanpa aroma agar wewangian tidak bercampur dengan makanan.

Letakkan lilin pada bagian tengah meja. Isi botol kaca dengan air dan tambahkan beberapa lilin apung.

5. Hias bagian tengah meja

Jika kamu ingin melengkapi makan malam romantismu dengan detail dekorasi ekstra, cobalah hiasan tengah meja yang indah.

Kamu dapat menggunakan rangkaian bunga kecil berwarna-warni untuk mengatur suasana hati. Atau, isi vas kaca dengan kelopak mawar dan gunakan sebagai hiasan bagian tengah meja makan.

Jika kamu ingin kelopak mawar mencuri perhatian, sebarkan di atas taplak meja untuk efek yang benar-benar romantis.

6. Setel musik

Memutar musik saat makan malam romantis adalah hal yang begitu menyenangkan. Cobalah lagu-lagu lembut seperti klasik atau jazz.

Kamu juga bisa memutar lagu-lagu yang menjadi favoritmu berdua yang mungkin menyimpan banyak kenangan. Musik akan membantu menghilangkan saraf untuk malam valentine spesialmu.

Tempat lain untuk makan malam romantis

Kamu tidak harus terpaku pada penyiapan klasik. Siapkan makan malam yang paling sesuai untukmu dan seseorang yang spesial.

Berikut adalah beberapa ide lain yang lebih orisinal untuk menciptakan makan malam romantis yang sempurna.

1. Ciptakan sudut intim di rumahmu

Jika kamu memiliki perapian, ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk momen romantismu. Siapkan makan malammu di samping api unggun.


Letakkan taplak meja yang bagus bersama dengan beberapa bantal untuk diduduki dan gunakan kelopak untuk membuat garis bentuk lingkaran atau hati.

Tambahkan permadani lembut untuk suasana yang lebih hangat. Untuk menunya, coba sajikan yang mudah dimakan, seperti cemilan atau sushi.

Kamu juga membutuhkan nampan untuk menyimpan gelas dan botolmu. Api hangat, beberapa lilin, dan sedikit musik lembut akan menciptakan suasana yang sangat intim.

2. Makan malam romantis di luar ruangan

Jika kamu memiliki dek, balkon, teras, atau halaman, makan malam di luar ruangan bisa menjadi pilihan bagus lainnya. Cobalah membidik malam yang hangat dengan udara yang tenang dan segar.

Gunakan lilin dan lentera untuk menciptakan suasana yang sempurna dan nyaman. Kamu juga dapat mencoba lampu gantung di sekitar area tersebut.


Cari meja samping kecil untuk menyimpan botol dan aksesori lain yang dapat mengacaukan pengaturan mejamu. Pikirkan tentang cara sempurna untuk berbagi makan malam romantis dengan seseorang yang spesial.

Rencanakan semuanya sebelumnya dan pastikan kamu memiliki semua yang kamu butuhkan untuk menyiapkan makan malam pada waktunya. Semua elemen tersebut akan menciptakan momen yang spesial dan tak ternilai harganya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/14/123500576/hari-valentine-ini-tips-menata-meja-untuk-makan-malam-romantis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke