Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Makna Bunga Tulip Berdasarkan Warnanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pandangan yang menyatakan bahwa bunga adalah simbolisasi perasaan. Bahkan, pepatah Barat menyebut, "say it with flowers" atau katakan perasaan Anda dengan bunga.

Salah satu bunga cantik dan populer di dunia adalah bunga tulip. Bunga khas Belanda ini sebetulnya berasal dari Turki, hadir dengan penampilan yang unik dan mudah dikenali.

Meskipun tidak sepopuler mawar, namun seperti bunga-bunga lainnya, bunga tulip juga dipandang sebagai simbol berbagai perasaan dan momen tertentu. Sejak lama, tulip bahkan dipandang sebagai salah satu bunga ungkapan cinta.

Dilansir Flower Meaning, berikut ini makna bunga tulip berdasarkan warnanya.

Makna bunga tulip

Meskipun bukan bunga terindah yang populer, namun keindahan dan keanggunan tulip yang sederhana berarti bunga tersebut telah menjadi simbol berbagai makna, antara lain sebagai berikut.

Tulip adalah bunga cinta klasik. Orang Turki yang awalnya memelihara bunga ini menganggapnya sebagai simbol surga di bumi, menjadikannya bagian dari banyak puisi dan karya seni religius dan sekuler.

Adapun orang Belanda, yang mempopulerkan bunga tulip pada abad ke-17 silam, memandang bahwa bunga tulip adalah pengingat betapa singkatnya hidup.

Sementara itu, kaitan bunga tulip dengan cinta dan gairah berkembang terutama pada abad ke-20 dan 21. Akan tetapi, hal itu tidak mengurangi kekuatan simbolisme di balik bunga ini.

Makna bunga tulip berdasarkan warnanya

Tidak seperti beberapa bunga mekar lainnya, makna bunga tulip sangat berubah tergantung pada warnanya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut.

1. Bunga tulip kuning

Arti bunga tulip kuning diyakini adalah cinta yang tak berbalas atau ditolak. Mengirim bunga tulip warna kuning kepada seseorang berarti Anda mencintainya, tetapi Anda tahu dia tidak membalas perasaan Anda.

2. Bunga tulip merah

Merah cerah adalah warna gairah dan cinta yang sempurna.

Jangan mengirim karangan bunga tulip warna ini ke anggota keluarga atau Anda akan mengirim pesan yang salah.

3. Bunga tulip ungu

Ungu terkait dengan unsur kerajaan, tetapi juga kelimpahan dan kemakmuran.


4. Bunga tulip merah muda

Makna di balik bunga tulip warna merah muda adalah kasih sayang dan cinta yang tidak terlalu kuat, dan juga menawarkan pilihan yang lebih tepat untuk teman dan keluarga.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/05/092300376/mengenal-makna-bunga-tulip-berdasarkan-warnanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke