Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kipas Angin Gantung

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kipas angin gantung di rumah adalah salah satu cara untuk mengusir gerah dan membuatmu merasa tetap sejuk saat suhu sangat tinggi.

Kipas angin gantung atau biasa disebut kipas angin langit-langit sangat berguna selama musim panas atau pada saat cuaca di luar rumah terasa sangat panas.

Selain sebagai pendingin, kipas angin langit-Iangit yang modern dan sangat stylish juga bisa mempercantik tampilan ruang di rumahmu.

Pada artikel ini, kamu akan melihat beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang kipas angin gantung.

Artikel ini dimaksudkan untuk membantumu dalam membuat keputusan yang tepat saat membeli kipas angin gantung terbaik.

Dilansir dari Energy Conversiondev, Senin, (18/1/2021), ada 7 hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli kipas angin gantung, berikut di antaranya.

1. Perhatikan ukuran kipas angin gantung

Ukuran kipas angin gantung adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

Kipas yang Iebih besar agak keras dan membuat ruanganmu terlihat Iebih kecil tetapi, memberikan efek pendinginan terbaik karena dapat menyuplai udara sejuk ke seluruh sudut ruangan.

Di sisi lain, kipas yang Iebih kecil bukan yang terbaik untuk pendinginan dan jika kamu memiliki ruangan besar, kamu harus memasang dua kipas.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan ketinggian kipas, karena itu juga penting. Kamu perlu memastikan bahwa kamu telah memasangnya pada ketinggian yang sesuai, sehingga dapat mengedarkan udara secara efektif.

2. Pilih yang hemat energi

Hal Iain yang harus kamu ketahui tentang kipas angin langit-Iangit adalah bahwa mereka tidak mengonsumsi banyak listrik terutama kipas yang modern.

Karena juga berfungsi sebagai penghias ruangan, kipas angin gantung harus menjadi salah satu peralatan yang paling hemat biaya dan estetis yang harus kamu miliki di rumahmu.


3. Fitur

Saat membeli kipas angin gantung, kamu harus memeriksa fitur-fiturnya untuk memastikan bahwa itu persis seperti yang kamu cari.

Kamu perlu mempertimbangkan jumlah dan ukuran bilah pada kipas angin gantung. Hal yang baik tentang bilah yang lebih besar adalah bahwa bilah tidak mengacak kertas atau benda lain dibandingkan dengan bilah yang lebih kecil.

Mereka juga mendingin dengan kecepatan lebih rendah, yang berarti lebih baik daripada kipas langit langit yang lebih kecil.

Namun, kamu perlu memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran ruanganmu. Seharusnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk kamar.

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan selain ukurannya adalah remote control, tingkat kebisingan, intensitas cahaya dan kecepatan kipas.

Kamu juga harus memeriksa kualitas motor untuk memastikan motor memiliki bantalan yang kokoh. Motor yang kurang bertenaga atau lebih kecil beroperasi pada suhu tinggi, yang berarti membuat ruangan menjadi hangat. Mereka juga berisik dan kurang tahan lama.

Hal lain yang harus kamu periksa adalah warna, pencahayaan, dan gaya kipas angin gantung untuk memastikan kesesuaiannya dengan dekorasi rumahmu.

4. Keefektifan

Semua kipas angin langit-Iangit memiliki label yang menunjukkan keefektifan alat. Keefektifan hanyalah efisiensi kipas dan ini membantumu menentukan jumlah aliran udara yang disediakan oleh unit untuk jumlah energi Iistrik yang tersedia.

lni diukur dalam Cubic Feet per Minute (CFM) yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah volume udara yang dikeluarkan kompresor tersebut satu kubiknya dalam satu menit

Kipas Iangit-langit terbaik harus mampu menghasilkan lebih dari 100 CFM per watt sementara model kualitas rendah dapat menghasilkan 30 CFM per watt.

5. Kipas Langit-Langit juga dapat digunakan untuk membuatmu tetap hangat

Memang benar bahwa kipas langit-Iangit digunakan sebagai perangkat pendingin tetapi beberapa model dapat membuatmu tetap hangat terutama selama musim dingin.

Model ini, dilengkapi dengan sakelar yang membalikkan arah bilah. lni memungkinkan mereka untuk mendorong udara hangat ke atas. Artinya udara sejuk akan tergantikan oleh udara hangat.


6. Lokasi kipas angin

Jika kamu ingin mendapatkan kinerja pendinginan terbaik dari kipas, kamu harus berhati-hati tentang di mana kamu ingin memasangnya.

Kamu harus memasangnya di atas meja makanmu dan harus berada 7-9 kaki di atas lantai atau 10-12 inci dari Iangit-langit. Kipas angin harus sangat dekat dengan bagian tengah.

7. Harga

Harga kipas angin gantung juga sangat penting dan sama seperti ketika kamu membeli produk lain. Tapi, harga kipas angin gantung dapat membantumu untuk menentukan kualitasnya.

Artinya, kipas angin gantung yang mahal akan memberikan performa yang lebih baik daripada yang lebih murah.

Kipas berkualitas tinggi sangat tenang dan tahan lama. Mereka juga datang dengan garansi yang wajar yang berarti bahwa mereka memberikan nilai terbaik untuk uang yang lebih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/18/185100276/7-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-membeli-kipas-angin-gantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke