Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menanam tanam hias, menanam berbagai sayuran seperti cabai juga bisa menjadi pilihan.

Selain membuat rumah semakin sejuk, memiliki tanaman cabai dapat dimanfaatkan buahnya saat masa panen tiba. Cabai dapat ditanam di tanah langsung, atau di dalam pot.

Tanaman cabai menyukai suhu yang panas sekitar 20 derajat celcius untuk berkecambah dan suhu harus 30 derajat celcius atau lebih agar buah matang. Sementara itu, suhu tidak boleh di bawah 15 derajat celcius pada malam hari.

Dikutip dari kanal Youtube Taman Inspirasi, Kamis (14/1/21) tanaman cabai bisa tumbuh dengan lebat jika melakukan pemangkasan pada pucuknya.

Bahkan hanya dengan menggunakan media talang air, tanaman cabai ini bisa tumbuh subur. Penggunaan wadah talang air ini bisa menghemat tempat dan tidak memengaruhi pertumbuhan cabai tersebut.

Memangkas pucuk

Untuk membuat tanaman cabai tumbuh subur dan berbuah lebat, Anda harus memangkas pucuk sejak tanaman masih kecil, kira-kira saat usia 1,5 bulan atau setelah melakukan pemindahan media tanam.

Dengan memangkas pucuknya di bagian sela-sela batang akan tumbuh cabang-cabang baru sehingga tanaman cabai akan tumbuh dengan lebat.

Cukup memangkas pucuk di setiap batangnya serta mengurangi daun-daun yang kurang bagus atau yang terlalu lebat dapat menumbuhkan cabang baru yang akan menjadi tempat cabai tumbuh.

Tak hanya itu, agar cabai bisa tumbuh subur, Anda harus melakukan pengecekan terhadap hama yang menyerang tanaman ini.

Meskipun sudah melakukan pruning atau pangkas pucuk, tanaman cabai harus diberikan nutrisi yang dapat membantu mereka untuk tumbuh.

Ini termasuk dengan menyiramnya dengan teratur dan menjaga media tanam agar tidak terlalu basah ataupun kering. Serta pemberian pupuk yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Jika menemukan tanaman cabai yang masih kecil namun memiliki tanda-tanda tidak sehat yakni dengan daun keriting, yang harus dilakukan adalah memangkas pucuknya, dengan demikian akan menimbulkan cabang-cabang baru yang lebih sehat.

Yang harus diperhatikan adalah seiring pertumbuhan tanaman cabai, media tanam akan semakin berkurang dan beberapa akan terlihat akarnya.

Jika sudah seperti itu, hal yang harus dilakukan adalah menambahkan pupuk kompos atau kandang di dalam wadahnya untuk menutup akarnya.

Selain pupuk, sekam mentah juga bisa menjadi pilihan agar tanaman cabai bertumbuh dengan baik, yakni sebagai mulsa alami dengan begitu akar yang sudah terlihat di permukaan akan tertutup.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/14/183206276/trik-membuat-tanaman-cabai-tumbuh-lebat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke