Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Obat Alami untuk Membasmi Kutu pada Kucing, Lemon hingga Rempah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu adalah gangguan kesehatan umum yang dialami kucing. Namun demikian, jangan khawatir, sebab banyak cara untuk membasmi kutu pada kucing peliharaan Anda.

Saat ini ada banyak produk pembasmi kutu pada kucing, seperti berupa semprotan, bedak, hingga kerah khusus yang mampu mengusir kutu.

Meskipun produk pembasmi kutu kucing yang dijual di pasaran memang mampu mengusir kutu, namun ada juga beberapa obat alami pembasmi kutu, yang bahkan bisa Anda buat sendiri di rumah.

Namun demikian, sebelum mengaplikasikan obat kutu kucing yang dibuat sendiri, sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter hewan, yang akan tahu solusi terbaik untuk perawatan kucing Anda.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (29/12/2020), berikut beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat kutu kucing.

1. Lemon

Salah satu pembasmi kutu alami yang paling efektif adalah asam sitrat yang dapat ditemukan di lemon. Ini membuat air lemon menjadi obat rumahan yang diakui secara luas untuk mengobati kutu.

Anda bisa menyemprot bulu kucing Anda dengan larutan yang dibuat dengan merebus satu atau dua potong lemon. Biarkan lemon terendam selama beberapa jam dan kemudian tiriskan cairannya sebelum dipindahkan ke botol semprot.

Oleskan larutan dengan lembut ke bulu kucing Anda, pastikan untuk menghindari matanya. Pantau juga apakah kucing mengalami kemerahan atau tanda iritasi lainnya pada kulit, ulangi perawatan sesering yang diperlukan sampai kutu benar-benar hilang.

Jika kucing Anda membenci air, Anda juga dapat mencoba menggunakan sisir yang dicelupkan ke dalam larutan dan menyikat kutu.

Jika Anda khawatir dengan sisa kutu dan telur kutu, tambahkan secangkir air lemon ke cucian Anda saat mencuci tempat tidur hewan peliharaan untuk membantu membasmi kutu yang tersisa.


2. Rempah-rempah

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk kucing yang terserang kutu adalah mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di dapur.

Karena mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai carvacrol, minyak oregano bisa sangat efektif dalam menghilangkan kutu. Mulailah dengan mencampurkan satu sendok teh minyak oregano dengan tiga sendok teh minyak zaitun.

Kemudian, oleskan sedikit larutan ke area di mana kutu cenderung berkumpul, seperti telinga, perut, ekor, dan leher kucing Anda.

Kutu juga dapat dibasmi dengan rosemary. Giling daun rosemary menjadi bubuk dan taburkan di area tempat kucing Anda cenderung berkumpul di rumah.

Jika kucing tidak mengizinkan Anda mengaplikasikan perawatan topikal pada bulunya, Anda dapat mencoba mencampurkan sedikit atau kurang dari satu sendok teh jintan ke dalam makanan kucing.

Jintan akan membuat kulit kucing Anda menjadi sangat tidak menarik bagi kutu.

Jika Anda tidak memiliki rempah-rempah ini, sedikit garam meja juga dapat membantu, karena membantu mengeringkan dan membunuh kutu pada kucing. Garam berfungsi untuk membunuh kutu dan telur kutu yang mungkin bersembunyi di karpet.

Cukup taburkan garam di atasnya atau bila dicampur dengan air, dapat digunakan untuk merawat permukaan yang keras.

3. Cuka apel

Produk lain yang tidak disukai kutu adalah cuka sari apel. Meskipun tidak efektif untuk membunuh serangga, cuka sari apel dapat menyebabkan kutu melompat dari tubuh kucing, sehingga Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.

Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 2: 1 dan semprotkan ke bulu kucing Anda. Kutu bisa menjadi kelompok yang membandel, jadi Anda mungkin harus melakukannya beberapa kali dengan mengoleskan cuka ke bulu kucing agar benar-benar bebas kutu.

4. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring dengan formula paling lembut pun terbukti sangat efektif membasmi kutu. Sabun cuci piring menghancurkan kerangka luar kutu dan membunuhnya dalam beberapa menit, bahkan setelah diencerkan dalam air.


Cukup basahi bulu kucing Anda dengan semprotan dan usapkan sabun cuci piring dengan lembut ke bulunya (fokus pada area yang cenderung disembunyikan kutu) sebelum dibilas.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/29/183400176/obat-alami-untuk-membasmi-kutu-pada-kucing-lemon-hingga-rempah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke