Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Kulit Pisang, Bisa Bersihkan Furnitur Kayu

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya buahnya yang mengandung vitamin A,C, dan B6, namun buah pisang juga memiliki manfaat di bagian kulitnya.

Seperti yang dilansir dari Real Living, Kamis (24/12/2020), selain kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, kulit pisang bisa membersihkan berbagai perlengkapan rumah, seperti sendok, hingga furnitur.

Berikut beberapa manfaat dari kulit pisang untuk kegiatan pembersihan di rumah.

1. Membersihkan peralatan makan perak

Gunakan blender untuk menghaluskan beberapa kulit pisang hingga menjadi seperti pasta. Setelah jadi, gosok pasta tersebut menggunakan kain lembut ke peralatan perak yang kotor.

Kemudian setelahnya bilas peralatan makan dengan merendam ke dalam baskom berisi air. Lalu keringkan setelah menggunakan air bersih.

2. Membersihan benda berbahan kulit

Kulit pisang dapat membersihkan benda bermaterial kulit seperti jaket, sepatu, dan tas bahkan sofa. Caranya, gosok bagian benda bermaterial kulit menggunakan kulit pisang, ini bisa membuat benda tersebut lebih mengilap.

Kalium dari benda bermaterial kulit akan diserap oleh kulit pisang dan dapat mengurangi bekas lecet.

3. Membersihkan noda tinta 

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan noda tinta di beberapa permukaan seperti furnitur dan dinding. Caranya hanya menggosokan kulit pisang ke bagian yang terkena noda.

4. Hilangkan goresan pada disc 

Memiliki disc yang tergores? Hilangkan dengan kulit pisang.

Caranya, gosokkan ke bagian goresan dengan kulit pisang, ini akan menghilangkan noda goresan tersebut. Untuk hasil yang maksimal semprotkan pembersih kaca setelah selesai menggosoknya dengan kulit pisang.


5. Membersihkan furnitur kayu

Kulit pisang juga dapat membersihkan furnitur kayu yang kusam hanya dengan mengoleskan dan menggosokannya dengan lembut. Setelahnya, bersihkan juga dengan kain lembap untuk hasil yang maksimal.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/24/075000276/5-manfaat-kulit-pisang-bisa-bersihkan-furnitur-kayu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke