Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Kulkas yang Baru Dibeli Langsung Digunakan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu baru saja membeli atau mendapatkan kulkas baru? Selamat, ini pasti menjadi hal yang membahagiakanmu dan keluarga di rumah.

Tapi, kamu harus tahu bahwa ada beberapa perlakuan khusus yang perlu diterapkan untuk sebuah kulkas baru yang kamu miliki.

Sebab, kulkas bisa menjadi perangkat elektronik rumah tangga yang sangat sensitif, jika kamu tidak memahami cara kerjanya.

Mungkin kamu memiliki pertanyaan, apakah kulkas baru yang kamu miliki bisa langsung digunakan atau tidak? Berapa lama harus menunggu untuk memasukkan makanan ke dalam kulkas baru?

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (11/12/2020), mengenai hal satu ini, itu tergantung pada jenis dan merek kulkas yang kamu miliki.

Namun, umumnya dibutuhkan waktu antara 2-24 jam untuk mencapai suhu optimal ke tempat kamu dapat memasukkan makanan ke dalamnya.

Aturannya sedikit berbeda, tergantung pada apakah kamu berbicara tentang memuat freezer atau cooler.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum menyalakan kulkas baru?

Karena berbicara tentang kulkas baru, kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana kulkas itu dikirimkan kepadamu.

Ketika kulkas baru diangkut tegak atau miring, semua perlu dipertimbangkan dan tindakan yang relevan diambil untuk memperpanjang umur kulkas.

Pipa di kulkas menyalurkan pelumas dan gas. Ini harus diselesaikan dengan benar sebelum kulkas dinyalakan. Jika kulkas diangkut dalam posisi tegak, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk didiamkan sebelum dinyalakan.

Sebaliknya, jika diangkut dalam posisi miring, maka kamu perlu memberinya waktu sekitar 4 jam untuj didiamkan agar semua gas dan pelumas mengendap dengan benar.

Beberapa kulkas seperti whirlpool (kulkas ekstra besar) sebenarnya membutuhkan waktu hingga 24 jam sebelum dinyalakan.

Setelah kulkas menyala, berapa lama harus menunggu untuk menaruh makanan di kulkas baru?

Berapa lama kamu harus menunggu sebelum kamu mengisi kulkas dengan makanan dan mengapa kamu harus melakukan ini?

Setelah kulkas kamu nyalakan, kamu perlu memberi kulkas baru minimal 2 jam agar mencapai suhu yang tepat guna mengawetkan makanan dengan baik. Ini adalah rekomendasi yang dimiliki oleh beberapa merek kulkas.

Alasan lain agar membiarkan kulkas baru menyala selama 2 jam sebelum memuat makanan adalah untuk benar-benar memastikan apakah kulkas berfungsi atau tidak.

Kulkas seperti whirlpool sebenarnya mengharuskanmu membiarkan waktu hingga 24 jam. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa mereka memiliki banyak fungsi seperti pembuatan es dan membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk mengisi wadah es.


Apa sisi buruk dari memuat makanan dan minunan di kulkas sebelum jangka waktu 2 jam?

Kulkas beroperasi pada suhu optimal yang ditentukan oleh pengaturan termostat. Alokasi waktu 2 jam memungkinkannya mencapai suhu optimal ini.

Saat kamu memuat makanan maupun minumanmu ke dalam kulkas baru sebelum 2 jam dinyalakan, itu akhirnya membuat kulkas menjadi tegang.

Untuk makanan yang perlu dibekukan, hawa dingin tidak akan mencapai suhu paling jauh dari dinding dan tidak akan membeku dengan baik.

Ini juga berarti bahwa suhu keseluruhan di dalam freezer itu sendiri bisa akan lebih tinggi dari suhu yang direkomendasikan.

Kesimpulan

Untuk menyelesaikan ini, mari ketahui petunjuk utama yang perlu kamu ingat. Pastikan kamu mengetahui posisi kulkas saat diangkut, kemudian ikuti waktu yang disarankan berlalu sebelum menyalakan dan menggunakannya.

Setelah waktu berlalu, beri kulkas barumu setidaknya 2 jam untuk bekerja dan mencapai suhu optimal. Adapun untuk kulkas whirlpool, berikan waktu hingga 24 jam agar berfungsi penuh.

Kamu mungkin bersemangat dengan kulkas barumu dan ingin segera menggunakannya untuk diisi makanan, tapi bersabarlah untuk menunggu beberapa jam lagi sebelum kamu mendapatkan kesenangan itu lebih maksimal.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/11/135800376/bisakah-kulkas-yang-baru-dibeli-langsung-digunakan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke