Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruangan Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai tanaman hias yang cantik serta memiliki bentuk yang unik dapat menjadi pilihan untuk dirawatnya.

Beragam bentuk dan ukurannya pun dapat dipilih sesuai dengan luas ruangan atau tempatnya. Untuk pemilihannya, dianjurkan agar menyesuaikan ruangan jika ditempatkan di dalam ruangan agar tidak membuat ruangan semakin sempit.

Sebab, meletakkan tanaman di dalam ruangan tujuannya untuk memberikan kesegaran.

Dilansir dari House Beautiful, Sabtu (28/11/2020), ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di ruangan terbatas.

1. Aglonema merah

Selain memiliki batang dan daun berwarna merah muda yang cerah dan cantik, tanaman ini juga mudah dirawat.

Aglonema akan tumbuh di ruangan dengan cahaya yang tidak terlalu terang, namun tidak terlalu redup. Tanaman ini akan bertumbuh dengan indah jika mendapatkan cahaya yang seimbang.


2. Tanaman karet atau rubber plant

Rubber plant memiliki tingkatan agak lebih sulit dirawat daripada red aglonema, karena tanaman ini membutuhkan cahaya terang namun tidak langsung. Sehingga, Anda harus memerhatikan cahaya mataharinya.

Rubber Plant harus disiram saat tanahnya mengering. Selain dapat diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini bisa menjadi salah satu pembersih udara alami di dalam rumah.

Tempatkan rubber plant di dekat area tempat duduk favorit dalam rumah agar dapat menikmati udara segar.


3. Pilea

Tanaman yang cocok diletakkan di ruangan kecil selanjutnya adalah pilea atau chinese money plant. Daun yang bundar yang kecil membuat tanaman ini dapat diletakkan di pot yang kecil dan sederhana.

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung namun yang cerah untuk dapat tumbuh subur. Namun, hati-hati dengan penyiramannya, sebab pilea harus disiram lalu dikeringkan agar tidak terjangkit jamur.

4. Anthurium

Memiliki bunga yang berbentuk hati dengan benang sari yang menonjol di tengahnya, membuat tanaman ini perlu disiram setiap satu hingga dua kali dengan pemupukan sesekali.


Untuk perawatannya, Anthurium memiliki tingkat kesulitan yang tidak tinggi namun tidak mudah juga.

5. Calathea

Memiliki daun cantik berwarna hijau dan ungu, membuat calathea bisa menjadi pilihan tanaman hias di dalam rumah Anda. Bentuknya yang kecil, cocok untuk diletakkan di dalam rumah dengan luasan terbatas.

Untuk bisa hidup, calathea membutuhkan sinar matahari tidak langsung, sebab jika terkena sinar matahari langsung warna daunnya akan memudar.

Calathea membutuhkan tanah yang lembap merata yakni tidak basa dan kering. Agar warna tanaman ini lebih cerah, gunakan pot berwarna putih.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/28/170500376/5-tanaman-hias-yang-cocok-diletakkan-di-ruangan-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke