Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-536 Serangan Rusia ke Ukraina: Bayi Jadi Korban Tewas | Belgorod Rusia Diserang

Kompas.com - 14/08/2023, 12:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-536 pada Minggu (13/8/2023).

Ini termasuk, serangan udara Rusia menewaskan tujuh orang di Desa Shyroka Balka dan Stanislav, Ukraina selatan, termasuk bayi perempuan berusia 23 hari.

Sementara itu, Gubernur Belgorod di Rusia barat, Vyacheslav Gladkov, menyalahkan drone Ukraina atas kerusakan sebuah gedung apartemen di kota Belgorod.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-535 Serangan Rusia ke Ukraina: Pantai Odessa Dibuka | Jembatan Crimea Diserang

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-536 yang dapat Anda simak:

Rusia lepaskan tembakan peringatan ke kapal kargo yang menuju pelabuhan Ukraina

Rusia pada Minggu mengatakan, tembakan peringatan telah dilepaskan dari kapal perang Rusia ke sebuah kapal kargo yang sedang menuju ke pelabuhan Izmail di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, kapal patroli Vasily Bykov melihat sebuah kapal kargo yang berlayar di bawah bendera Palau dalam perjalanan menuju pelabuhan Izmail, Ukraina.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Kapten Kapal Kargo Sukru Okan disebut tidak menanggapi tuntutan berhenti untuk pemeriksaan pengangkutan barang terlarang.

Scholz desak pembicaraan lebih lanjut setelah KTT inisiasi Arab Saudi

Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Minggu menyambut KTT yang dipimpin Saudi baru-baru ini tentang penyelesaian damai untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina.

Dia pun menyerukan upaya diplomatik lebih lanjut.

Perwakilan dari sekitar 40 negara, termasuk China, Jerman, India dan Amerika Serikat (AS) ikut serta dalam pertemuan akhir pekan lalu di Jeddah, meskipun Rusia tidak diundang.

"Masuk akal bagi kami untuk melanjutkan pembicaraan ini, karena mereka meningkatkan tekanan pada Rusia untuk menyadari bahwa ia telah mengambil jalan yang salah dan harus menarik pasukannya serta membuat perdamaian menjadi mungkin," kata Scholz dalam wawancara musim panas tahunannya dengan penyiar Jerman, ZDF.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-534 Serangan Rusia ke Ukraina: 12.000 Warga Kupiansk Diminta Evakuasi | PLTN Zaporizhzhia Kehilangan Daya Utama

Serangan Rusia tewaskan tujuh orang, termasuk bayi

Serangan udara Rusia menewaskan tujuh orang di Desa Shyroka Balka dan Stanislav, Ukraina selatan pada Minggu.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klymenko mengatakan, para korban tewas di Shyroka Balka termasuk seorang bayi perempuan berusia 23 hari, saudara laki-lakinya yang berusia 12 tahun, dan orang tua mereka.

"Tiga orang dewasa dan dua anak-anak tewas di Desa Shyroka Balka," kata Klymenko di aplikasi Telegram, sambil merilis foto-foto yang menunjukkan akibat dari serangan penembakan tersebut.

Gubernur Rusia menyalahkan drone Ukraina atas kerusakan bangunan Belgorod

Gubernur Belgorod di Rusia barat, Vyacheslav Gladkov, menyalahkan drone Ukraina atas kerusakan sebuah gedung apartemen di kota Belgorod pada Minggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com