Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Penipuan Tiket Messi di China, Gala Dinner Dibanderol Rp 624 Juta

Kompas.com - 12/06/2023, 11:14 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Penipuan dari calo tiket untuk rangkaian acara pertandingan Lionel Messi banyak beredar di China.

Para calo tersebut menjajakan tiket gala dinner hingga foto bareng Messi, yang dijadwalkan bertanding dalam laga Argentina vs Australia di Beijing pada Kamis (15/6/2023).

Polisi Beijing memperingatkan, jangan tertipu seperti satu iklan beredar luas yang menjanjikan makan malam bareng Messi seharga 300.000 yuan (Rp 624,3 juta).

Baca juga: Viral Guru Sebut Nama Messi saat Kelasnya Berisik, Para Murid Diam Seketika

"Kalau Anda tertipu sebesar 300.000 yuan, kami akan mengangkat gelas untuk Anda," canda biro keamanan publik Beijing yang biasanya keras di Weibo--sejenis Twitter di China.

Iklan penipuan lainnya yang beredar online misalnya tiket "stadion internal" seharga 5.000 yuan (Rp 10,4 juta), dan paket VIP termasuk jersey bertanda tangan, kursi baris depan, dan foto bareng Messi seharga lebih dari 8.000 yuan (Rp 16,64 juta).

Contoh iklan penipuan lainnya dibanderol 50 juta yuan (Rp 104 miliar), dengan iming-iming Messi akan livestream untuk memuji keunggulan produk yang diiklankan.

Messi mendarat di Beijing pada Sabtu (10/6/2023) dan akan memimpin Argentina sang juara dunia melawan Australia di Workers' Stadium, stadion berkapasitas 68.000 yang baru saja direnovasi di Beijing.

Ini adalah laga ulangan babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang dimenangi La Albiceleste dengan skor 2-1.

Baca juga:

Para suporter di China sangat ingin mendekati Messi. Tiket pertandingan yang dijual mulai dari 580-4.800 yuan (Rp 1,2 juta hingga Rp 9,98 juta) cepat terjual habis.

Puluhan penjual di platform belanja online Taobao menjual kembali tiket seharga 18.000 yuan (Rp 37,44 juta), meskipun untuk masuk stadion harus membawa kartu identitas.

Sementara itu, ratusan orang menunggu di luar hotel tim Argentina di Beijing pada Sabtu (10/6/2023).

Seorang penggemar mengatakan kepada AFP bahwa mereka memesan kamar dengan harapan bisa melihat sekilas Messi karena gagal mendapatkan tiket pertandingan.

Argentina juga akan memainkan pertandingan persahabatan lainnya dengan menghadapi Indonesia di Jakarta pada 19 Juni 2023.

Baca juga: Kejar-kejar Messi hingga Ikut Cium Trofi, Akses Koki Selebritas Salt Bae Akan Diselidiki FIFA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com