Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Rusia Kembali Gelar Latihan Perang Besar di Timur Negaranya dan Libatkan Pasukan Asing

Kompas.com - 27/07/2022, 13:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia akan mengadakan latihan militer yang luas di timur negara itu untuk melanjutkan pelatihan pasukan teratur, meskipun tengah melakukan serangan ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan latihan Vostok 2022 (Timur 2022) yang dijadwalkan pada 30 Agustus hingga 5 September. Ini akan melibatkan pasukan dalam manuver di 13 jarak tembak Distrik Militer Timur.

Baca juga: Hubungan Israel-Rusia Retak, Netanyahu Salahkan PM Israel

Ia menambahkan bahwa unit pasukan Lintas Udara, pembom jarak jauh dan pesawat kargo militer juga akan terlibat dalam latihan perang.

Kementerian mengatakan pasukan dari negara asing yang tidak ditentukan akan berpartisipasi.

Pasukan Rusia dan China mengambil bagian dalam serangkaian manuver militer bersama tahun lalu, yang mencerminkan hubungan militer yang semakin erat antara Moskwa dan Beijing.

Baca juga: Rusia Akan Buat Stasiun Luar Angkasa Sendiri, Ogah Ikut NASA

Kementerian menolak tuduhan bahwa mereka memobilisasi pasukan untuk memperkuat pasukannya di Ukraina, mencatat bahwa “hanya sebagian dari militer Rusia yang terlibat dalam operasi militer khusus.”

Tanpa mengungkapkan rincian, kementerian mengatakan jumlah pasukan yang beroperasi di Ukraina "cukup untuk memenuhi tugas". Moskwa menekankan bahwa militer belum membatalkan latihan yang direncanakan.

Moskwa belum mengatakan berapa banyak dari jutaan tentaranya yang terlibat dalam serangan ke Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-153 Serangan Rusia ke Ukraina, Giliran Permukiman Odessa Dirudal, UE Sepakat Potong Penggunaan Gas Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com