Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi 18 Bulan di Dudapur Jatuh ke Sumur Bor Sedalam 150 Meter, Upaya Penyelamatannya Dibantu Militer

Kompas.com - 12/06/2022, 20:16 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber The Sun

 

DUDAPUR, KOMPAS.com - Sebuah video dari India menunjukkan detik-detik menegangkan upaya penyelamatan setelah seorang bayi 18 bulan di Dadapur jatuh ke sumur bor sedalam 150.

Tentara India melancarkan penyelamatan putus asa setelah Shivan Badhel, 18 bulan, jatuh ke lubang sumur bor yang dalam saat bermain di dekat rumah keluarga.

Baca juga: India Jadi Juru Kunci Pasar Beras Dunia, Pasok 150 Negara di Dunia

Dilansir dari The Sun pada Sabtu (11/6/2022), balita itu bermain sendirian di dekat sebuah gubuk di sebuah peternakan tempat orang tuanya bekerja di Dudapur di wilayah Gujarat, India.

Dari video yang beredar operasi penyelamatan yang mendesak menunjukkan anggota militer menjuntai seutas tali tebal dengan kait ke bawah lubang sempit vertikal.

Tali berkait itu biasa digunakan untuk mengambil air.

Rekaman menunjukkan personel tentara mengelilingi lubang sumur bor, saat bayi itu terdengar menjerit dan menangis dari tempat ia terjepit 35 kaki (sekitar 11 meter) di dalam tanah.

Seorang anggota tim penyelamat kemudian terlihat secara bertahap menarik tali ke atas sumur, sementara yang lain bergabung untuk membantunya.

Saat tali perlahan mencapai permukaan, teriakan bayi semakin keras, sampai akhirnya tubuh kecilnya ditarik keluar dari lubang.

Dua anggota tentara kemudian membawa bayi yang ketakutan itu ke dalam ambulans, saat kerumunan yang berkumpul bertepuk tangan dan bersorak.

Baca juga: Pertama Kalinya di India, Wanita Ini Gelar Upacara Menikahi Dirinya Sendiri

Laporan lokal menunjukkan bahwa Polisi Dhrangadhra Taluka adalah yang pertama kali diberitahu tentang bayi 18 bulan di Dudapur jatuh ke lubang sempit sedalam 150 meter tersebut sebelum akhirnya tentara dikirim ke lokasi.

Baby Shivan bertemu kembali dengan anggota keluarga, ketika dia sampai di rumah sakit di mana dia saat ini sedang dalam pengawasan.

Terlepas dari kejadian mengerikan itu, Shivan kecil dikatakan sehat.

"Tim penyelamat Angkatan Darat tiba di lokasi sekitar pukul 21.45 (waktu setempat)," kata Mukesh Patel, hakim sub-divisi Dhrangadhra, kepada The Indian Express.

"Mereka menurunkan kail yang diikat ke tali di sumur bor. Mereka berhasil mengait T-shirt anak laki-laki itu di kail dan kemudian dengan lembut menariknya keluar dari sumur sedalam 500 kaki."

Patel menambahkan: "Tim Angkatan Darat berhasil menarik bocah itu keluar dari sumur dalam waktu 45 menit setelah mencapai tempat itu."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com