Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak Lokasi Eril Mulai Masuk Air di Sungai Aare ke Lokasi Temuan Jenazah

Kompas.com - 09/06/2022, 21:11 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com – Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (23), yang hilang di Sungai Aare, Swiss, ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat.

Polisi wilayah Bern mulanya mendapat laporan temuan jenazah seorang pria di Bendungan Engehalde di Bern pada Rabu.

Spesialis dari polisi air Bern mendapati jenazah itu di cekungan luapan bendung dan kemudian mengevakuasinya.

Baca juga: Jenazah Eril Akhirnya Ditemukan pada 8 Juni di Bendungan Engehalde Swiss

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa jenazah tersebut adalah WNI yang hilang di Sungai Aare sejak 26 Mei.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern melalui konferensi pers pada Kamis (9/6/2022) mengonfirmasi bahwa jenazah Eril ditemukan.

KBRI Bern menjelaskan, kepolisian di Bern melaporkan, jenazah yang diduga sebagai Eril ditemukan pada Rabu pukul 06.50 waktu Swiss atau sekitar pukul 11.50 WIB.

Baca juga: Kepastian Takdir Eril, Duka Keluarga Ridwan Kamil, dan Pengingat Hakikat

Sesuai prosedur yang berlaku tim foresnik melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah Ananda Eril," ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad dalam konferensi pers.

Pada Kamis siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa tes DNA dari jenazah yang ditemukan adalah Eril.

Baca juga: Eril Ditemukan Meninggal Dunia, Ridwan Kamil: Allahu Akbar!

Lantas, seberapa jauh jarak antara lokasi Eril mulai masuk ke air untuk berenang di Sungai Aare hingga ditemukan di Bendungan Engehalde?

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Krisna Diantha Akassa, kontributor Kompas.com di Swiss dari Polisi Bern, Eril mulai masuk air Sungai Aare di Schoenausteg.

Tangkapan layar Google Maps yang menunjukkan jarak Schoenausteg dengan Bendungan Engehalde bila menyusuri Sungai Aare, Swiss.GOOGLE MAPS Tangkapan layar Google Maps yang menunjukkan jarak Schoenausteg dengan Bendungan Engehalde bila menyusuri Sungai Aare, Swiss.

Melalui Google Maps, jarak antara Schoenausteg dengan Bendungan Engehalde adalah sekitar 5,31 kilometer bila mengikuti aliran sungai.

Kendati demikian, pengukuran melalui Google Maps mungin tidak 100 persen akurat mengingat berbagai faktor seperti ketinggian dan lain-lain.

Schoenausteg dan Bendungan Engehalde juga bisa ditempuh dengan jalan darat sejauh 5,8 kilometer.

Baca juga: KBRI Pastikan Jenazah Eril Diurus Sesuai Syariat Islam Sebelum Dipulangkan

Jenazah Eril bisa diserahkan ke keluarga

Muliaman mengatakan, jenazah Eril sudah bisa diserahkan pada pihak keluarga yang berada di Bern.

Dia menuturkan, setelah jenazah Eril ditemukan dan diidentifikasi, yang berhak memutuskan penyerahan ke pihak keluarga adalah Pengadilan Kanton Bern.

“Sekitar dua jam yang lalu pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril,” tutur Muliaman dalam konferensi pers.

Sementara itu, perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazzuzaman, berujar bahwa jenazah Eril kemungkinan bakal dibawa ke Indonesia pekan ini.

Menurutnya, jenazah Eril akan dibawa ke Indonesia pada Sabtu atau Minggu. Jenazah Eril akan disucikan dan dishalatkan sebagai seorang muslim.

Baca juga: Keluarga Ridwan Kamil Diskusikan Lokasi Pemakaman Eril

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com