Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Catur Garry Kasparov: Rusia Harus Dilemparkan Kembali ke Zaman Batu

Kompas.com - 04/03/2022, 10:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Aktivis hak asasi manusia Rusia dan mantan juara catur dunia Garry Kasparov pada Kamis (3/3/2022) mendesak kekuatan dunia untuk mengadopsi strategi militer dan ekonomi yang lebih keras terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin atas invasinya ke Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Kasparov meminta negara-negara Barat untuk menarik duta besar mereka dari Moskow, mengeluarkan Rusia dari badan kepolisian global Interpol, dan memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina.

"Rusia harus dilemparkan kembali ke Zaman Batu untuk memastikan bahwa industri minyak dan gas dan industri sensitif lainnya yang penting untuk kelangsungan hidup rezim tidak dapat berfungsi tanpa dukungan teknologi Barat," kata Kasparov.

Baca juga: Saat Juara Catur Dunia Garry Kasparov Kalah Melawan Komputer IBM pada 1996...

Sanksi yang sejauh ini dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan negara-negara NATO lainnya telah mengisolasi Rusia ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk ekonomi sebesar itu.

Sementara itu, ratusan tentara Rusia dan warga sipil Ukraina telah tewas sejak pasukan Rusia melintasi perbatasan pada 24 Februari, dan lebih dari 1 juta pengungsi telah melarikan diri, menurut PBB.

Kasparov, mantan ketua Yayasan Hak Asasi Manusia yang berbasis di New York yang berperan aktif dalam gerakan protes oposisi anti-Kremlin ketika dia tinggal di Moskow, mengatakan kepada Reuters bahwa tidak akan ada perdamaian di wilayah itu sampai Putin dilengserkan dari kekuasaan.

"Daftar apa yang 'tidak akan pernah dilakukan' oleh Putin telah berkembang begitu lama," katanya. "Dia telah melakukan kejahatan perang di luar imajinasi."

Baca juga: Radio Eropa Serentak Putar Lagu John Lennon Give Peace a Chance untuk Ukraina

Kasparov juga membidik Presiden AS Joe Biden karena tidak mengambil tindakan lebih agresif terhadap Putin sebelumnya.

"Saya berharap orang Amerika akan merevisi strategi mereka dan akan menunjukkan kekuatan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com