Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Spanyol Temukan Pedang Langka, Falcata, yang Berusia 2.000 Tahun

Kompas.com - 26/11/2021, 16:39 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Falcata, pedang langka melengkung bermata dua dari semenanjung Iberia telah ditemukan oleh polisi Spanyol yang terlacak sebelum dijual secara online.

Melansir The Guardian pada Kamis (25/11/2021), pedang langka itu lebih dari 2.000 tahun setelah terakhir digunakan oleh seorang pejuang di semenanjung Iberia, sebelum dijarah.

Falcata adalah pedang melengkung bermata dua dari era pra-Romawi yang digunakan oleh orang Iberia antara abad V-I SM.

Baca juga: Pedang Katana, Simbol Tradisi Samurai Jepang

Falcata telah disita bersama dengan 202 potongan arkeologi pra-Romawi lainnya setelah benda bersejarah itu di muncul di "situs media sosial yang terkenal", kata petugas Policia Nacional.

Pedang falcata, yang diperkirakan berasal dari abad III dan I SM, sangat dicari karena kondisi asli bilahnya.

Falcata adalah senjata pribadi, yang cenderung dikubur bersama pemiliknya, dengan bilahnya sengaja ditekuk dan ditempa agar tidak digunakan orang lain.

Namun, pedang langka falcata yang ditemukan di media sosial ini memiliki bilah yang utuh, belum ditekuk dan ditempa.

Baca juga: 6 Senjata Mematikan dalam Perang Salib dari Gada hingga Pedang

"Penyelidikan dimulai setelah petugas menemukan pengguna media sosial telah mengunggah di situs terkenal tentang (pedang) falcata Iberia dengan gagang kepala burung, yang telah dijarah," kata Policía Nacional dalam sebuah pernyataan.

“Setelah berbagai upaya untuk mengkonfirmasi keberadaan potongan arkeologi, menentukan lokasi, dan memulihkannya, penyelidik berhasil melacak orang yang menjualnya, yang ternyata adalah warga negara Spanyol yang tinggal di provinsi (Andalusia) Jaen."

Polisi mengatakan bilah pedang falcata yang tidak rusak "secara signifikan meningkatkan nilainya karena sangat jarang ditemukan contoh dalam kondisi ini".

Petugas juga menemukan sejumlah potongan arkeologi lainnya, termasuk kepala panah, perhiasan, dan pecahan keramik.

Baca juga: Penemuan Pedang dari Tentara Perang Salib Berusia 900 Tahun di Lepas Pantai Israel

Pedang langka falcata dan artefak lainnya telah disita dan pria itu ditangkap atas dugaan penyelewengan dan pelanggaran warisan sejarah.

Menurut Museum Arkeologi Nasional Spanyol, pedang langka falcata adalah senjata yang kompleks, efisien, dan fungsional yang sering kali menggambarkan nilai simbolis yang berkaitan dengan kekayaan dan status sosial pemiliknya.

“Sebuah proses desain yang lengkap digunakan untuk mendefinisikan dan menyesuaikan falcata dengan kebutuhan penggunanya,” demikian bunyi entri di situs web museum yang berkaitan dengan pedang langka falcata lain yang ditemukan di provinsi tetangga Cordoba.

“Bentuknya yang melengkung dan asimetris mendistribusikan bobot untuk memusatkan kekuatan dan penyatuan dengan gagangnya diperkuat untuk mencegahnya menjadi rapuh, sementara bilah bermata dua membuatnya serbaguna.”

Baca juga: 3 Senjata Rahasia Kuno yang Hilang dari Peradaban: Pedang Damaskus hingga Api Yunani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com