Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Pelukis India, Lukis Pohon dengan Gambar Suci demi Kurangi Penebangan Liar

Kompas.com - 26/11/2021, 16:18 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Gulf News

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria di negara bagian Bihar, India, telah menemukan ide baru untuk melukis gambar orang bijak, orang suci, dan menulis slogan yang menarik di batang pohon.

Ini demi menyelamatkan mereka agar tidak ditebang.

Inisiatif ini telah memenangkan hati penduduk desa setempat serta pemerintah setempat.

Baca juga: Pria Australia Tumbuhkan Lima Spesies Buah Berbeda dalam Satu Pohon

Dilansir Gulf News, Premchand Sahani, 55 tahun, penduduk distrik Champaran Barat, beralih ke lukisan batang pohon dengan gambar orang suci dan bijak.

Ini setelah dia menemukan penduduk desa setempat dengan kejam menebang pohon untuk digunakan sebagai kayu bakar atau membuat furnitur.

Didorong keberhasilan inisiatif ini, Sahani yang berprofesi sebagai pelukis telah merencanakan untuk melukis 100.000 pohon dalam lima tahun ke depan.

“Suatu kali saya menderita masalah alergi yang menyebabkan saya mengalami komplikasi pernapasan yang parah. Saya merasa seolah-olah saya akan mati karena mati lemas. Saya berkonsultasi dengan banyak dokter tetapi masalah saya tetap ada."

"Saya kehilangan harapan untuk hidup dan pindah ke rumah saya yang ditinggalkan di desa dengan tanaman hijau yang cukup. Yang mengejutkan saya, saya menemukan masalah saya perlahan-lahan mereda dan mendapat banyak kelegaan," ujarnya.

"Sejak itu saya meluncurkan kampanye untuk menyelamatkan pohon,” kata Sahani.

Baca juga: Pohon Terbesar di Dunia: Fakta dan Kelestariannya

Menurutnya, dia menghasilkan sekitar 5.000 Rupee sebulan melalui bisnis lukisannya. Dia menghabiskan sekitar setengah dari jumlah itu untuk melukis pohon dan menulis slogan untuk menyelamatkannya.

“Pohon memberi kita kehidupan, kebahagiaan, buah-buahan, dan suasana yang menyenangkan. Adalah tanggung jawab semua orang untuk menyelamatkan mereka,” kata Sahani.

Yang lebih menarik lagi, Sahani mengawasi kelompok penebang kayu dan ketika dia menemukan orang yang menebang pohon, dia meminta mereka untuk segera meminta maaf.

“Kami bertahan hidup dengan pohon, tetapi pohon bertahan hidup dengan sendirinya,” katanya.

Baca juga: Hasil Investigasi, Tesla yang Tabrak Pohon dan Terbakar Ada Pengemudinya

Sahani mengatakan biasanya dia melukis gambar orang bijak dan orang suci seperti yang disebutkan dalam mitologi India.

“Masyarakat masih mengikuti ajaran orang-orang hebat seperti yang tinggal di hutan, bertapa bertahun-tahun, bertahan hidup dengan buah-buahan, dan selalu bekerja untuk perlindungan lingkungan," ujar Sahani.

"Jadi, saya pikir melukis gambar mereka di pohon akan meninggalkan dampak besar di benak orang-orang dan menghalangi penduduk desa di pedesaan untuk menebang pohon,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com