Negara Tonga Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19 Setelah 2 Tahun Pandemi

Kompas.com - 30/10/2021, 19:31 WIB

NUKUALOFA, KOMPAS.com - Tonga mengkonfirmasi kasus pertama Covid-19 pada Jumat (29/10/2021), setelah 2 tahun menjadi pandemi di seluruh negeri.

Negara kepulauan Pasifik itu mendeteksi kasus pertama Covid-19 pada orang yang telah divaksinasi lengkap yang tiba dengan penerbangan repatriasi dari Selandia Baru, seperti yang dilansir dari BBC pada Sabtu (30/10/2021).

Perdana Menteri Tonga Pohiva Tu'i'onetoa memperingatkan bahwa penduduk di pulau utama Tongatapu menghadapi kemungkinan lockdown pekan depan.

Tonga adalah salah satu negara terakhir yang tidak melaporkan infeksi Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 di China Naik Lagi, Resepsi Pernikahan Dilarang

Lebih dari 100.000 orang tinggal di negara kepulauan Pasifik tersebut, yang terletak di barat laut Selandia Baru.

Hanya sepertiga penduduk Tonga yang telah divaksinasi lengkap. Namun, koordinator imunisasi nasional, Afu Tei, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ribuan orang dari luar negeri telah datang ke pusat vaksinasi untuk mendapatkan suntikan vaksin.

Orang yang dikonfirmasi menjadi kasus pertama Covid-19 di Tong itu termasuk di antara 215 orang dalam penerbangan repatriasi dari Christchurch, Selandia Baru.

Penumpang lainnya termasuk anggota tim Olimpiade Tonga yang terdampar di kota Christchurch sejak Olimpiade Tokyo.

Kementerian Kesehatan Selandia Baru mengatakan bahwa individu tersebut telah dites negatif Covid-19 sebelum meninggalkan Christchurch.

Namun, pihak berwenang di Tonga mengatakan hasil positif dicatat pada Kamis (28/10/2021), setelah tes Covid-19 rutin yang dilakukan saat para repatriasi dalam isolasi wajib yang dikelola pemerintah.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.