Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Wanita Tua Temukan Koloni Lebah Madu di Balik Dinding Rumah

Kompas.com - 30/10/2021, 11:34 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Mirror

LONDON, KOMPAS.com - Seorang pemilik rumah terkejut menemukan sarang dengan puluhan ribu koloni lebah madu yang tinggal di dinding rumahnya.

Seorang wanita tua memanggil seorang pemelihara lebah, Philip Fred Adedeji atau dikenal sebagai Fred, setelah curiga di balik dinding rumahnya terdapat kawanan hewan yang menyengat itu.

Saat Fred tiba di rumah wanita itu di Skelmersdale, Lancashire, dia menemukan koloni lebah madu yang sangat besar, mungkin lebih dari 30.000 di lapisan dinding rumah itu.

Baca juga: Disengat di Mata oleh Kawanan Lebah, Puluhan Penguin yang Terancam Punah Mati

"Banyak orang yang salah mengira antara lebah dan tawon," ujar Fred, seperti yang dikutip dari The Mirror pada Jumat (29/10/2021).

"Pemilik rumah mengira terdapat tawon dan memanggil dewan untuk membasmi mereka," lanjutnya.

Namun pihak dewan mengatakan bahwa koloni yang di balik dinding rumahnya adalah lebah madu, sehingga memberikan rekomendasi untuk menghubungi Fred.

"Dia telah memperhatikan mereka selama beberapa bulan dan mengira mereka adalah tawon. Berharap mereka akan mati," ungkap Fred.

"Biasanya saya akan mendesak perancah didirikan tetapi dia adalah wanita 90 tahun.

Baca juga: Sarang Ribuan Lebah Raksasa Asia Pembunuh Dimusnahkan di AS

Ketika Fred melihat dindin garasi yang dicurigai sarang lebah madu itu berada di rumah wanita tua tersebut, ia langsung berusaha membongkar dinding dengan hati-hati untuk mengakses sarang.

"Karena lokasinya membuat saya tidak mudah mengaksesnya, saya menyedot lebah keluar," ucapnya setelah menunjukkan penghisab debu khusus yang ia gunakan untuk memindahan koloni lebah madu.

Fred mengungkapkan bahwa koloni lebah madu itu jumlahnya bisa lebih dari 30.000 ekor yang merayap di dinding rumah nenek itu.

Baca juga: Beli Rumah Tua, Keluarga Ini Kaget Temukan 450.000 Lebah Hidup di Dinding Rumahnya

"Itu tidak banyak sebenarnya, karena seekor ratu lebah madu bisa bertelur hingga 2.000 dalam sehari, sehingga koloni dapat meningkat secara drastis," terangnya.

Ia mengatakan bahwa sarang lebah madu liar bisa menjadi masalah lebih besar, jika dibiarkan.

"Nantinya, dinding Anda bisa mendapatkan madu yang menetes ke dinding," ucapnya.

Fred melanjutkan bahwa salah satu yang terburuk adalah dinding bisa jebol. Ia mencontohkan yang pernah terjadi pada salah satu rumah seorang wanita di Warrington.

Di atas cerobong asap rumahnya, terdapat koloni lebah madu selama lebih dari 5 tahun. Awal tidak ada masalah karena posisi sarang itu berada di atas.

"Tetapi selama musim yang sangat panas, sarang itu meleleh dan jatuh," ujarnya.

"Akhirnya lebih dari 50.000 kawanna lebah madu berhamburan di ruang tamunya," terangnya.

Baca juga: Lebah dengan Sengatan Seperti Logam Panas Ditemukan di Washington

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com