Sarang Ribuan Lebah Raksasa Asia "Pembunuh" Dimusnahkan di AS

Kompas.com - 28/08/2021, 11:43 WIB
Lebah Raksasa Asia atau Lebah Pembunuh. AP/Karla SalpLebah Raksasa Asia atau Lebah Pembunuh.

OLYMPIA, KOMPAS.com - Pihak berwenang negara bagian Washington pada Rabu (25/8/2021) memusnahkan sarang yang berisi 1.500 lebah raksasa Asia, atau yang sering disebut "lebah pembunuh".

Dilansir The Hill, sarang itu terletak di dasar pohon mati, sekitar 2 mil dari situs sarang yang dilaporkan telah dihilangkan pada 2020.

“Kami berharap ada lebih banyak sarang di luar sana dan kami berharap dapat menemukannya sebelum mereka dapat menghasilkan ratu baru,” kata ahli entomologi pengelola negara bagian.

Baca juga: Beli Rumah Tua, Keluarga Ini Kaget Temukan 450.000 Lebah Hidup di Dinding Rumahnya

Departemen Pertanian Negara Bagian Washington (WSDA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ribuah lebah pembunuh itu, berada dalam "berbagai tahap perkembangan".

"Meskipun kami senang telah menemukan dan membasmi sarang ini di awal musim, deteksi ini membuktikan betapa pentingnya pelaporan publik," kata ahli entomologi pengelola WSDA Sven Spichiger.

Pihak berwenang menemukan sarang tersebut pada awal Agustus, setelah tiga lebah ditangkap dan diberi tag dengan alat pelacak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah yang mengarahkan pihak berwenang menemukan sarang.

Baca juga: Lebah dengan Sengatan Seperti Logam Panas Ditemukan di Washington

Lebah raksasa Asia dapat memiliki panjang antara 1,5 hingga 2 inci dan "dilengkapi dengan rahang dan gigi yang relatif besar.

Hewan ini dapat dengan mudah merobek lebah madu menjadi dua.

Laporan tahun 2020 juga menyebut, lebah pembunuh umumnya menyerang lebah madu di akhir musim panas dan awal musim gugur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.