Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Besar RI Serahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Belarus

Kompas.com - 02/10/2021, 19:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MINSK, KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letters of Credence) kepada Presiden Republik Belarus, Alexander Lukashenko, pada Kamis (30/9/2021).

Upacara penyerahan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Lukashenko berlangsung di The Palace of Independence (Istana Kemerdekaan) di Minsk, ibu kota Belarus.

Dalam sambutannya, Presiden Lukashenko mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada para duta besar negara-negara sahabat yang hadir untuk menyerahkan Surat-surat Kepercayaan.

Baca juga: Ketika Museum Moskwa Rusia Penuh Batik Indonesia selama Sebulan Penuh

“Bermulanya tugas diplomatik para duta besar yang hadir pada kesempatan hari ini bertepatan dengan transformasi penting di Belarus, dalam rangka mempertahankan momentum pembangunan sosial dan untuk menyesuaikan kebijakan dalam dan luar negeri Belarus”, ungkap Presiden Lukashenko.

“Presiden Lukashenko menggarisbawahi potensi ekonomi dan sumber daya manusia Indonesia,” ujar Dubes Tavares menjelaskan isi pidato Presiden Lukashenko dalam menyoroti hubungan bilateral dengan Indonesia.

“Masyarakat, kalangan bisnis, dan akademisi kami (Belarus) mengenal Indonesia tidak hanya sebagai tujuan wisata yang indah, tetapi juga sebagai negara dengan ekonomi yang berkembang pesat, serta potensi manusia dan ilmu pengetahuan yang tinggi," jelas Presiden Lukashenko dalam pidatonya.

“Belarus juga melihat Indonesia sebagai key partner dalam peningkatan hubungan ASEAN dengan Eurasian Economic Union (EAEU). Presiden Lukashenko dalam sambutannya menekankan komitmen Belarus dalam membangun kerja sama yang konstruktif dengan seluruh negara anggota ASEAN,” imbuh Dubes Tavares.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com