Inggris Alami Krisis Bahan Bakar, Tentara Diminta Turun Tangan Tenangkan Kepanikan

Kompas.com - 27/09/2021, 15:26 WIB
Pemandangan tanda di sebuah pompa bensin, di Bracknell Inggris, Minggu 26 September 2021. PA PHOTO/STEVE PARSON via APPemandangan tanda di sebuah pompa bensin, di Bracknell Inggris, Minggu 26 September 2021.

LONDON, KOMPAS.com - Tentara mungkin dilibatkan untuk mengirimkan bensin ke stasiun-stasiun yang mengering, ketika krisis bahan bakar Inggris masih berlanjut.

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson didesak untuk "bertindak sekarang" ketika ribuan orang Inggris mulai panik membeli bahan bakar di pompa bensin seluruh negeri.

Baca juga: UNIK GLOBAL: Ibu di Inggris Lahirkan Bayi Online | Pengantin Malaysia Bawa Bayi Kembar saat Resepsi

Melansir The Sun pada Senin (27/9/2021) melihat perkelahian pecah di halaman depan dan lebih dari setengah stasiun kehabisan bahan bakar.

Sekarang tentara dapat direkrut untuk membantu mendorong 80 tanker bahan bakar ke stasiun, jika Perdana Menteri Inggris menandatangani “Operasi Escalin” hari ini.

Jika menteri berhasil membujuk PM Inggris untuk menyetujui operasi itu, maka "beberapa ratus tentara" mungkin akan mengoperasikan truk-truk bahan bakar (HGV), dalam upaya untuk mengisi kembali pompa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi operasi itu baru bisa dimulai 10 hari setelah mereka mendapatkan lampu hijau.

Artinya, krisis bahan bakar Inggris dikhawatirkan akan berlangsung seminggu, sementara pertemuan darurat Perdana Menteri baru diadakan pada Senin (27/9/2021).

Mobil-mobil mengantre di luar pompa bensin Leicester, Inggris, Sabtu (25/9/2021). Kelangkaan BBM di Inggris terjadi karena kurangnya pengemudi truk untuk mengangkut bahan bakar, dampak dari Brexit dan pandemi Covid-19PA PHOTO/MIKE EGERTON via AP Mobil-mobil mengantre di luar pompa bensin Leicester, Inggris, Sabtu (25/9/2021). Kelangkaan BBM di Inggris terjadi karena kurangnya pengemudi truk untuk mengangkut bahan bakar, dampak dari Brexit dan pandemi Covid-19

Baca juga: Sejumlah Privilege Ratu Inggris, Punya ATM Pribadi hingga Kebal Hukum

Boris kemungkinan akan menawarkan armada tanker bensin cadangan pemerintah juga sehingga negara dapat kembali ke jalurnya.

Usulan itu sedang dalam "pertimbangan aktif", kata seorang sumber pemerintah kepada The Telegraph.

Tetapi Downing Street menyatakan belum ada keputusan yang dibuat untuk mengerahkan militer.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.