KISAH MISTERI: Teka-teki Pembunuhan Aktivis HAM Ternama AS, Malcolm X

Kompas.com - 15/07/2021, 23:15 WIB
Malcolm X. Library of Congress/WikipediaMalcolm X.

KOMPAS.com - Malcolm X, adalah salah satu aktivis hak asasi manusia (HAM) terpenting abad ke-20 bagi kelompok kulit hitam dalam sejarah Amerika Serikat (AS).

Dia dibunuh pada usia 39 tahun, saat berbicara di Audubon Ballroom di Harlem, New York, pada 21 Februari 1965.

Namun lebih dari setengah abad sejak hari pembunuhannya, masih banyak misteri yang belum terungkap jelas dan menjadi bahan perdebatan di Negeri “Uncle Sam”.

Baca juga: Seminggu Pembunuhan Presiden Haiti: Detail Perburuan Tentara Bayaran hingga Tersangka yang Terungkap

Tiga anggota Nation of Islam (NOI), yaitu Talmadge Hayer atau Thomas Hagan (alias Mujahid Abdul Halim), Norman Butler (alias Muhammad Abdul Aziz) dan Thomas Johnson (alias Khalil Islam), telah dihukum atas pembunuhan Malcolm X pada 1966.

NOI adalah organisasi keagamaan dan politik Afrika-Amerika yang dibentuk pada 1930. Kelompok itu memiliki tujuan meningkatkan kondisi ekonomi dan spiritual komunitas Afrika-Amerika di AS.

TIME dalam laporannya mengatakan bahwa penegakan hukum AS pada saat itu membingkai pembunuhan Malcolm sebagai dampak dari perselisihan, yang berlangsung antara dia dan NOI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi terdakwa pembunuhan itu, Butler (Aziz) dan Johnson (Islam), secara konsisten menyatakan mereka tidak bersalah. Para ilmuwan yang telah mempelajari kasus ini juga memiliki keraguan soal pembunuhan itu.

Baca juga: Informan Penegak Hukum AS Terkait dalam Plot Pembunuhan Presiden Haiti

 

Hijrah di penjara

Pada akhir 1940-an, Malcolm dipenjara atas tuduhan pencurian dan pembobolan. Dalam masa kurungan di penjara, dia kemudian masuk Islam.

Setelah dibebaskan pada 1952, dia bergabung dengan NOI dan menjadi salah satu pembicara dan pemimpin terpenting kelompok itu.

Pada akhir 1950-an, dia muncul sebagai tokoh paling berpengaruh terkait gerakan hak-hak sipil.

Halaman:

Sumber TIME
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.