Rusia Umumkan Rencana Vaksinasi Covid-19 Diberikan Setahun Sekali

Kompas.com - 30/06/2021, 06:28 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksinasi Covid-19 melawan pandemi virus corona. SHUTTERSTOCK/Africa StudioIlustrasi pemberian vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksinasi Covid-19 melawan pandemi virus corona.

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia punya rencana baru untuk memerangi pandemi Covid-19, termasuk dengan memvaksinasi warga terhadap virus setiap tahun sebagai bagian dari taktik kekebalan kelompok.

Rencana itu disampaikan pejabat kesehatan Rusia dalam pertemuan pemerintah pada Selasa (29/6/2021) melansir Newsweek.

Baca juga: Seperti Indonesia, Rusia dan Banglades Juga Kewalahan Tangani Varian Delta

Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko mengatakan kementerian mengeluarkan pedoman untuk menangani "situasi epidemi yang tidak menguntungkan di Rusia."

Salah satu caranya dengan mengizinkan mereka yang tertular Covid-19 untuk menerima vaksinasi enam bulan setelah mereka pulih. Selain itu, suntikan penguat juga akan diberikan untuk orang-orang yang telah menerima vaksinasi enam bulan setelah dosis pertamanya.

Murashko mengatakan rencana untuk menangani lonjakan infeksi dan kematian baru-baru ini akibat virus di Rusia adalah melalui "mencapai kekebalan dan stabilisasi kelompok."

Setelah itu, "vaksinasi (melawan virus corona) akan dilakukan setahun sekali."

Murashko tidak memberikan data yang mendukung perlunya suntikan penguat enam bulan setelah vaksinasi pertama.

Wakil Perdana Menteri Rusia Tatyana Golikova, merujuk pada "studi internasional dan Rusia" yang menunjukkan bahwa kekebalan pada mereka yang telah pulih dari virus bertahan rata-rata selama enam bulan dan berkurang secara bertahap setelah 9-12 bulan.

Baca juga: Ibu Kota Rusia Catat Kasus Covid-19 Baru Tertinggi, Tuan Rumah Euro 2020 Jadi Hotspot

Pedoman baru ini datang ketika infeksi di Rusia melonjak dan tingkat vaksinasi tertinggal di belakang banyak negara lain.

Gugus tugas Covid-19 Rusia telah melaporkan lebih dari 20.000 infeksi Covid-19 baru setiap hari sejak Kamis lalu (34/6/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.