Daftar Negara Uni Eropa yang Buka Pintu untuk Turis Sudah Vaksin Covid-19

Kompas.com - 28/06/2021, 22:14 WIB
Pulau Kreta, Yunani. AFP/GETTY IMAGES/LOUISA GOULIAMAKI via DW INDONESIAPulau Kreta, Yunani.

BERLIN, KOMPAS.com - Ketika tingkat vaksinasi meningkat dan musim panas semakin dekat, para wisatawan yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 masih harus bersabar untuk menentukan destinasi berlibur di Eropa musim panas ini.

"Sertifikat Digital Covid" Uni Eropa baru akan mulai berlaku mulai 1 Juli mendatang untuk memfasilitasi perjalanan di Eropa, dan negara-negara anggota baru-baru ini menyetujui rekomendasi untuk mengizinkan wisatawan yang telah disuntik vaksin dosis penuh dari luar negeri untuk masuk ke Eropa.

Tetapi kenyataannya saat ini, negara-negara anggota masih menerapkan kebijakan pembatasan yang berbeda-beda.

Baca juga: Wisata Vaksin Jadi Tren Baru, Liburan ke Luar Negeri Gratis Vaksin Covid-19

Dengan kebijakan yang berbeda dari satu negara ke negara lain, berikut rincian beberapa aturan yang berlaku untuk para pelancong yang divaksinasi di seluruh UE.

Perancis

Perancis, destinasi favorit wisatawan internasional, dibuka kembali untuk para pelancong yang divaksinasi lengkap dari seluruh dunia mulai tanggal 9 Juni.

Di bawah aturan baru, orang-orang yang divaksinasi yang bepergian dari UE dan negara-negara dalam daftar "hijau" Perancis, antara lain Korea Selatan, Jepang, dan Israel, dapat menghindari persyaratan tes Covid-19 sama sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelancong yang tidak divaksinasi dari negara-negara di atas dapat masuk dengan menujukkan hasil tes Covid-19 negatif.

Sementara itu, pelancong yang divaksinasi dari daftar "oranye" Perancis, misalnya AS, Inggris, dan sebagian besar negara di Afrika dan Asia, tidak lagi memerlukan alasan mendesak untuk bepergian.

Para pengunjung ini akan dibebaskan dari karantina tetapi tetap harus menunjukkan tes Covid-19 negatif.

Perancis mengakui semua vaksin yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) dan menganggap para pelancong divaksinasi sepenuhnya, dua minggu setelah dosis terakhir suntikan Pfizer-BioNTech, Moderna, atau AstraZeneca, dan empat minggu setelah suntikan tunggal vaksin Johnson & Johnson.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.