Kompas.com - 17/06/2021, 14:04 WIB
Presiden AS Joe Biden, kiri, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, berbincang dalam pertemuan mereka di 'Villa la Grange' di Jenewa, Swiss di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021. AP PHOTO/MIKHAIL METZELPresiden AS Joe Biden, kiri, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, berbincang dalam pertemuan mereka di 'Villa la Grange' di Jenewa, Swiss di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.

JENEWA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghadirkan sisi yang sangat berbeda dari pemerintahan sebelumnya, dalam pertemuan pertama dengan Presiden Rusia, pada Rabu (16/6/2021).

Presiden ke-46 AS itu dikabarkan telah melakukan persiapan untuk menghindari kontroversi, seperti yang melanda mantan Presiden AS Donald Trump ketika dia bertemu dengan rekannya dari Rusia sebelumya.

Baca juga: Biden Beri Putin Hadiah Kristal Bison dan Kacamata Aviators Khusus

Biden dan Putin bertemu di Jenewa minggu ini untuk membahas topik mulai dari serangan siber hingga masalah hak asasi manusia.

Sebelumnya, para pemimpin sepakat bahwa hubungan AS dan Rusia saat ini tengah berada pada "titik terendah."

Kali ini Biden dan Putin tidak mengadakan konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka.

Kondisinya lain dengan pertemuan pemimpin dari kedua negara sebelumnya, saat Trump dan Putin duduk berdampingan di Helsinki tiga tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biden membuat pernyataannya sendiri kepada wartawan tentang pertemuan yang disebut "produktif" tersebut.

Presiden AS menegaskan bahwa dia akan memihak AS, di atas Rusia atau setiap negara lain.

Pernyataan tegas itu berbeda dari komentar tak terduga yang datang dari Trump, setelah pertemuan puncaknya sendiri dengan Putin.

"Saya mengatakan kepada Presiden Putin bahwa agenda saya bukan melawan Rusia atau siapa pun. Ini untuk rakyat Amerika," kata Biden pada Selasa (15/6/2021).

Halaman:

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X