Kompas.com - 17/06/2021, 09:34 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, berbicara dengan Presiden AS Joe Biden, kanan, selama KTT AS - Rusia di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021. AP PHOTO/PETER KLAUNZERPresiden Rusia Vladimir Putin, kiri, berbicara dengan Presiden AS Joe Biden, kanan, selama KTT AS - Rusia di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.

JENEWA, KOMPAS.com - Gedung Putih membantah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengangguk (setuju), ketika ditanya apakah dia memercayai Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pertanyaan itu dilontarkan wartawan selama sesi foto yang sangat canggung di awal pertemuan puncak mereka di Jenewa, setelah Biden menyebut Rusia sebagai “kekuatan besar.”

Kedua pria itu tiba di Villa de la Grange, sebuah villa besar abad ke-18 yang menghadap ke Danau Jenewa. Keduanya datang ke lokasi pertemuan selang beberapa menit satu sama lain.

Biden mengulurkan tangannya terlebih dahulu dan keduanya berjabat tangan, sangat kontras dengan benturan siku yang dilakukan Biden dengan beberapa sekutu di G7.

Mereka tersenyum ke arah kamera di luar pintu sebelum menuju ke dalam.

Baca juga: Fakta Unik dan Bersejarah di Balik Ruang Pertemuan Biden dan Putin

Pertemuan pertama mereka tampak tidak nyaman bagi para pemimpin karena mereka menghindari kontak mata, sementara wartawan berdesak-desakan di belakang ruangan yang dipenuhi buku dan meneriakkan pertanyaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apakah Anda memercayai Putin? Apakah kalian saling percaya?," teriak seorang reporter kepada mereka. Biden mengangguk mengiyakan.

Namun Gedung Putih dengan cepat menepis asumsi bahwa Presiden telah setuju bahwa gestur itu mengartikan dia “memercayai” Putin.

"Itu adalah situasi yang kacau dengan wartawan saling berteriak," kata kepala Komunikasi Kate Bedingfield.

“POTUS (Presiden AS) sangat jelas tidak menanggapi satu pertanyaan, tetapi mengangguk sebagai pengakuan kepada pers secara umum. Dia mengatakan hanya dua hari yang lalu agar reporternya: "Verifikasi, lalu percaya."'

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X