Ini Dugaan Penyebab Ambruknya Jembatan di Kecelakaan Kereta Metro Meksiko

Kompas.com - 08/05/2021, 15:42 WIB
Pekerja darurat menyisir puing-puing reruntuhan di lokasi kecelakaan kereta yang jatuh ke jalan, akibat jembatan layang ambruk di Mexico City pada Senin (3/5/2021) malam waktu setempat. Setidaknya 13 orang tewas dan 70 lainnya luka-luka dalam insiden ini. AFP PHOTO/PEDRO PARDOPekerja darurat menyisir puing-puing reruntuhan di lokasi kecelakaan kereta yang jatuh ke jalan, akibat jembatan layang ambruk di Mexico City pada Senin (3/5/2021) malam waktu setempat. Setidaknya 13 orang tewas dan 70 lainnya luka-luka dalam insiden ini.

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Ambruknya jembatan layang dalam kecelakaan kereta metro Meksiko yang menewaskan 25 orang, bisa jadi karena kerusakan pada balok baja atau engselnya, kata para pakar kepada AFP.

Wali Kota Mexico City Claudia Sheinbaum setelah kecelakaan pada Senin (3/8/2021) menyatakan, balok yang menahan bagian jalur layang lepas.

Perusahaan teknik Norwegia, DNV, telah diminta untuk membantu jaksa dalam penyelidikan bencana tersebut, yang memicu tuduhan kelalaian dan tuntutan keadilan dari para keluarga korban.

Baca juga: Kereta Metro Meksiko Jatuh akibat Jembatan Ambruk, 13 Tewas dan 70 Luka-luka

Sergio Alcocer peneliti di fakultas teknik National Autonomous University of Mexico menerangkan, ambruknya jembatan mungkin karena kecacatan pada baja yang digunakan untuk membuat balok.

Seperti para pakar lainnya, dia mendasarkan kecurigaan awalnya pada video polisi yang menunjukkan bagian tinggi dari jalur metro 12 ambruk, menyebabkan dua gerbong ambles ke jalan.

Juan Manuel Fuentes direktur teknis perusahaan rekayasa struktur Meksiko, Quasar, mengatakan bahwa getaran kencang pada beberapa bagian jalur juga dapat menyebabkan sambungan jembatan layang melemah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Video Detik-detik Kereta Metro Meksiko Jatuh dari Jembatan Ambruk, 15 Orang Tewas

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X