Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afghanistan Diguncang Bom dan Insiden Penembakan, 3 Orang Tewas

Kompas.com - 13/12/2020, 22:06 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KABUL, KOMPAS.com – Ibu Kota Afghanistan, Kabul, diguncang oleh serangan bom dan serangan tembakan pada Minggu (13/12/2020).

Akibat serangan tersebut, sedikitnya 3 orang dilaporkan meninggal dunia sebagaimana dilansir dari Associated Press.

Juru Bicara Kepala Polisi Kabul, Ferdaws Faramarz, mengatakan bahwa ledakan bom tersebut berasal dari sebuah bom yang dipasang di kendaraan lapis baja.

Ledakan tersebut membunuh sedikitnya dua orang dan menyebabkan dua orang lain mengalami luka-luka. Belum ada rincian lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Baca juga: Jurnalis Perempuan di Afghanistan Ditembak Mati dalam Perjalanan ke Kantor

Faramarz menambahkan, pada hari yang sama seorang jaksa juga ditembak mati oleh pria tak dikenal di lingkungan Kart-e Now, Kabul.

Jaksa tersebut sedang dalam perjalanan ke kantornya ketika diserang dengan senjata api. Hingga saat ini, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas dua serangan mematikan di Kabul tersebut.

Sebelum serangan itu, kelompok ISIS telah berulang kali mengeklaim bertanggung jawab atas berbagai serangan di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir.

Kelompok teroris tersebut juga mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap institusi pendidikan yang menewaskan sekitar 50 orang, kebanyakan di antara korban adalah pelajar.

Baca juga: Malalai Maiwand, Jurnalis Wanita di Afghanistan jadi Sasaran Pembunuhan oleh Militan

Dua serangan terbaru pada Minggu tersebut terjadi ketika sehari sebelumnya, anggota ISIS menyerang ibu kota dengan rentetan mortir.

Serangan mortir itu menewaskan sedikitnya satu warga sipil dan melukai satu lainnya.

Kelompok ekstremis itu mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut melalui media yang berafiliasi dengan kelompok itu, Amaq News.

Sebelumnya, ISIS juga menyatakan bahwa pihaknya menembakkan 10 roket Katyusha ke arah Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul.

Baca juga: Setelah Berdamai dengan Taliban, Afghanistan akan Fokus Lawan ISIS

Sebanyak tiga roket menghantam bandara, sementara roket lainnya mendarat di daerah pemukiman kota, menurut Kementerian Dalam Negeri Afghanistan.

Kekerasan di Afghanistan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Padahal Pemerintah Afghanistan dan Taliban sedang bertemu di Qatar untuk membahas kesepakatan damai.

Taliban sendiri telah melancarkan pertempuran sengit melawan ISIS, terutama kubu ISIS di Afghanistan timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com