Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19, dari Azan Viral yang Berbeda Lafal sampai Yerusalem yang Muram Saat Paskah

Kompas.com - 03/09/2020, 10:26 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Virus corona alias Covid-19 yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China telah merenggut setidaknya 867,346 jiwa secara global menurut laporan statistik Worldometers, Kamis (3/9/2020).

Wabah yang cepat menjadi epidemi global itu telah mengubah banyak sektor, tak terkecuali di dunia ritual beragama. 

Beberapa momen ritual beragama 'beradaptasi' dengan adanya wabah virus corona. Dari azan dengan lafal berbeda sampai tempat ibadah yang ditutup dan mengecewakan hati banyak pengikut agama.

Berikut ini kumpulan berita singkat yang kami rangkum selama pandemi virus corona, terkait perubahan di bidang ritual beragama.

Baca juga: Azan Diizinkan Selama Ramadhan, Dewan Masjid di Inggris Berharap Seterusnya

1. Viral Video Azan di Kuwait Berbeda karena Wabah Virus Corona

Dilansir dari Aljazeera, sejumlah masjid pada Jumat lalu (13/03/2020) membuat redaksi seruan azan yang berbeda dari biasanya yaitu dengan, 'shalluu fii richaaalikum, shalluu fii buyuutikum...' yang artinya, 'shalatlah di dalam perjalanan (kendaraan) kalian, shalatlah di dalam rumah-rumah kalian.'

Muazin yang mengumandangkan pun menangis dalam sebuah video viral yang diunggah Aljazeera.

Suaranya terdengar lirih dan menangis setelah mengucapkan kedua kalimat seruan untuk salat di dalam perjalanan dan di rumah.

Video serupa juga diunggah oleh Dr. Abdullah Mubarak Al-Dilmani di Twitter. Seorang pengacara negara Kuwait yang kemudian berdoa menanggapi azan tersebut.

Pengubahan redaksi azan terkait wabah virus corona memang sudah ada di dalam ketentuan agama Islam, dan diimplementasikan setelah keputusan kementerian Awqaf, Kuwait.

Keputusan itu menghentikan khutbah Jumat dan shalat berjamaah di masjid-masjid sampai pengumuman selanjutnya.

Hal itu dilakukan demi menghentikan penularan virus corona. Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Otoritas Kesehatan Kuwait dan Komite Fatwa dan Pelayanan Kuwait memutuskan untuk menghentikan khotbah dan shalat Jumat sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Viral Video Azan di Kuwait Berbeda karena Wabah Virus Corona

2. Modifikasi Azan, Arab Saudi Minta Warga Tak Salat Berjemaah di Masjid karena Virus Corona

Arab Saudi telah memutuskan untuk meniadakan shalat berjemaah di semua masjid di negaranya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, keputusan yang diumumkan pada Selasa (17/3/2020) tersebut tidak berlaku untuk dua masjid di dua kota suci yakni Mekkah dan Madinah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com