Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santer Isu Berselisih dengan PM, Menkeu Kanada Mengundurkan Diri

Kompas.com - 18/08/2020, 14:18 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Kanada, Bill Morneau, secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (17/8/2020).

Morneau mengundirkan diri di tengah laporan perbedaan pendapat antara dirinya dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Keduanya santer diberitakan berselisih ihwal anggaran perlindungan perekonomian selama pandemi virus corona.

Dia mengatakan meninggalkan dunia politik praktis dan telah mengajukan namanya sebagai kandidat untuk memimpin Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Baca juga: Eks Mata-mata Saudi Kembali Mendapatkan Ancaman dari Putra Mahkota di Kanada

Trudeau memberikan ucapan terima kasih kepada Morneau yang telah menjabat sebagai Menteri Keuangan selama lima tahun sebagai Menteri Keuangan sebagaimana dilansir dari The Guardian, Selasa (18/8/2020).

Dalam sebuah pernyataan, Trudeau mengatakan bahwa Kanada akan mendukung upayanya untuk memimpin OECD.

Morneau mengatakan bahwa dia tidak diminta untuk mengundurkan diri namun dia menegaskan bahwa dia sesuai lagi untuk pekerjaan itu.

Pemerintah Kanada memperkirakan Kanada akan menderita defisit keuangan paling jeblok sepanjang sejarah yakni senilai 343 miliar dollar Kanada (Rp 3.836 triliun) jika rencana penyelamatan perekonomian karena virus corona benar-benar disahkan.

Baca juga: Cegah Covid-19 Saat Berhubungan Seks, Pasangan di Kanada Diimbau Lubangi Dinding

Baru-baru ini mantan Gubernur Bank Kanada dan Bank Inggris, Mark Carney, menasihati Trudeau selama pandemi virus corona yang memicu spekulasi bahwa Morneau mungkin akan diganti.

Carney dan Wakil Perdana Menteri Kanada Chrystia Freeland digadang-gadang menjadi kandidat potensial pengganti Morneau jika pejabat itu benar-benar dicopot jabatannya.

Namun tetapi seorang pejabat senior pemerintah Kanada mengatakan kepada Associated Press bahwa Carney bukanlah kandidat potensial.

Partai-partai oposisi telah menyerukan pengunduran diri Morneau atas tuduhan konflik kepentingan WE Charity.

Baca juga: Diludahi dan Dimaki, Perlakuan Rasial yang Diterima Seorang Wanita Tionghoa di Kanada

Pada Juli, Morneau mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia selalu bermaksud untuk membayar biaya penuh atas perjalanan tersebut dan dia menambahkan itu adalah tanggung jawabnya.

Dilansir dari BBC, Morneau sebelumnya diminta untuk mengundurkan diri setelah terungkap bahwa dia tidak membayar kembali biaya perjalanan yang ditanggung oleh WE Charity ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

Dia mengatakan dia baru-baru ini menyadari bahwa dia belum membayar biaya 41.000 dollar Kanada (Rp 461 juta) dan sejak itu menulis cek.

Trudeau juga mendapat sorotan atas keterlibatannya dan keluarganya dengan badan amal tersebut.

Baca juga: Tolak Pakai Masker, Lansia di Kanada Tewas Ditembak Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com