Cegah Covid-19, PSK di Negara Ini Kerja Pakai Jas Hujan Transparan

Kompas.com - 18/07/2020, 07:28 WIB
PSK di Bolivia bekerja memakai masker, pelindung wajah, dan jas hujan tembus pandang, demi melindungi diri dari Covid-19. Foto diambil saat mereka sedang menanti pelanggan di sebuah kelab malam di La Paz, 15 Juli 2020. REUTERS/DAVID MERCADOPSK di Bolivia bekerja memakai masker, pelindung wajah, dan jas hujan tembus pandang, demi melindungi diri dari Covid-19. Foto diambil saat mereka sedang menanti pelanggan di sebuah kelab malam di La Paz, 15 Juli 2020.

SUCRE, KOMPAS.com - Banyak Pekerja Seks Komersial (PSK) di Bolivia mengatakan akan kembali bekerja dengan memakai jas hujan tembus pandang.

Selain itu, pakaian lain yang digunakan sebagai pelindung adalah sarung tangan dan menyemprotkan cairan pemutih di tempat-tempat tertentu.

Menurut mereka, rekomendasi itu diberikan oleh Organisasi Pekerja Malam Bolivia (OTN-B), demi menjaga keamanan semua orang.

Baca juga: Covid-19, Bagaimana Nasib PSK di Sonagachhi, Tempat Prostitusi Terbesar di Asia?

Prostitusi di negara Amerika Selatan itu legal dan diatur di rumah bordil berlisensi.

Setelah menerapkan lockdown pada Maret, kini pembatasan sedikit diringankan di Bolivia.

Akan tetapi beberapa pekerjaan - termasuk PSK - masih dibatasi jam kerjanya, dan jam malam juga masih berlaku di sana.

Baca juga: Nenek Ini Pukul Bokong Pasangan yang Ketahuan Berhubungan Seks di Semak-semak

Dilansir dari BBC pada Kamis (16/7/2020), Vanesa yang merupakan single mother dari dua anak mengatakan, dia perlu bekerja untuk membiayai studinya.

"Klien-klien kami menghargai masalah keselamatan, bahwa kami mengambil langkah-langkah ini demi keamanan kami, tapi juga untuk mereka," katanya.

Pekerja lainnya yang bernama Antonieta mengatakan, dia memakai masker wajah kertas, kacamata plastik, sarung tangan, dan jas hujan.

Baca juga: Gara-gara Staf Berhubungan Seks dengan Tamu, Hotel Ini Jadi Klaster Baru Covid-19

Dia juga menyemprotkan cairan pemutih ke tiang yang digunakannya saat menari di rumah bordilnya.

Halaman:
Baca tentang

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X