Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aligator Putih Langka di AS Dioperasi karena Telan 70 Koin yang Dilempar Pengunjung

Uang-uang koin senilai total sekitar 7 dollar AS (Rp 109.500) ini ditemukan di perut aligator Amerika berusia 36 tahun tersebut.

Thibodaux adalah satu dari sepuluh aligator di Henry Doorly. Ia terkenal karena kondisi leucisme yang diidap membuatnya berwarna putih.

Dikutip dari Science Times pada Selasa (20/2/2024), leucisme sangat mirip dengan albinisme karena menyebabkan kelainan pigmentasi akibat mutasi genetik yang berdampak pada produksi melanin.

Bedanya, leucisme menyebabkan hilangnya pigmentasi sebagian dengan warna mata normal, sedangkan albinisme ditandai dengan hilangnya pigmentasi total atau hampir seluruhnya yang berdampak pada sekujur tubuh, termasuk mata.

Sebanyak 70 koin di perut Thibodaux terdeteksi saat pemeriksaan kesehatan rutin untuk semua penghuni kebun binatang.

Koin-koin tersebut diyakini dilempar oleh para pengunjung ke dalam kandangnya.

Setelah benda-benda itu terdeteksi, petugas kebun binatang langsung membawa Thibodaux untuk dioperasi sebelum ada penyakit yang muncul.

Di laman Facebook-nya, Kebun Binatang dan Akuarium Henry Doorly mengungkapkan bahwa pemeriksaan Thibodaux mencakup radiografi dan pengambilan darah.

Dokter hewan Christina Ploog mengatakan, Thibodaux diintubasi dan dibius agar para spesialis dapat melakukan operasi dengan aman.

Pipa plastik dimasukkan untuk melindungi mulut Thibodaux dan sebagai jalan bagi alat-alat guna mengambil koin dengan aman. Alat-alat ini termasuk kamera yang membantu para spesialis mengambil benda di perut si aligator.

Saat ini Thibodaux sudah kembali ke kandangnya, tetapi belum dalam kondisi sehat atau bahagia.

Pihak kebun binatang kemudian memperingatkan para pengunjung, jangan melempar koin ke air karena bisa ditelan oleh hewan dan dapat menyebabkan penyumbatan internal.

Meskipun kandang-kandang hewan rutin dibersihkan, mereka masih mungkin menelan benda-benda asing tanpa sepengetahuan penjaga. Thibodaux diduga menelan koinnya saat itu.

https://www.kompas.com/global/read/2024/02/22/094949370/aligator-putih-langka-di-as-dioperasi-karena-telan-70-koin-yang-dilempar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke