Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menlu Jepang Mendadak Kunjungi Ukraina

Kunjungan mendadak Kamikawa dilakukan setelah perubahan dari rencana tur dua minggu yang awalnya mengunjungi Polandia, Finlandia, Swedia, Belanda, Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan Turkiye mulai Jumat (5/1/2024).

Jepang menunjukkan dukungan untuk Ukraina sejak invasi Rusia, memperberat sanksi terhadap Moskwa termasuk larangan ekspor dan pembekuan aset.

Seorang pejabat kementerian mengonfirmasi kepada kantor berita AFP bahwa Kamikawa tiba di suatu tempat di Ukraina.

Selama kunjungannya, Kamikawa kembali menegaskan kepada Ukraina bahwa kebijakan konsisten Jepang untuk mendukung Ukraina tidak berubah, katanya.

Ia melanjutkan, Kamikawa akan menginformasikan Ukraina mengenai rincian proyek bantuan yang ditawarkan Jepang kepada Kyiv.

Jepang berencana menjadi tuan rumah konferensi untuk mempromosikan rekonstruksi ekonomi Ukraina di Tokyo pada Februari. Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal akan hadir.

Kamikawa juga bakal berkonsultasi dengan Ukraina mengenai rincian konferensi tersebut, dan akan menghadiri upacara penyerahan peralatan listrik berskala besar untuk bantuan musim dingin.

  • Gempa Jepang Tewaskan 126 Orang, 210 Masih Belum Ditemukan
  • Rudal Rusia Hantam Kota Pokrovsk Ukraina, 5 Anak Tewas
  • Para Istri Pria Rusia yang Dimobilisasi ke Ukraina Demo di Kremlin, Tuntut Suami Dipulangkan

Disebutkan pula bahwa Kamikawa akan menunjukkan tekad Jepang menegakkan tatanan internasional berdasarkan rule of law dari perspektif bahwa perubahan sepihak terhadap status quo dengan kekerasan, seperti agresi Rusia terhadap Ukraina, tidak dapat diterima.

Saat KTT G7 di Jepang pada Mei 2023, para pemimpin blok tersebut sepakat membuat "Rusia kelaparan" akan teknologi, peralatan industri, dan layanan yang mendukung mesin perang.

https://www.kompas.com/global/read/2024/01/07/183000870/menlu-jepang-mendadak-kunjungi-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke