Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Ukraina Hancurkan Kapal Rusia | Biaya Rekonstruksi Gaza

Di bawahnya ada klaim Rusia memguasai Kota Maryinka, dan perayaan Natal pada 25 Desember untuk kali pertama di Ukraina.

Sementara itu, Gaza hancur lebur dan pertanyaan pun mengemuka tentang siapa yang akan membangun kembali wilayah kantong di Palestina tersebut.

Berikut adalah rangkuman artikel-artikel Populer Global sepanjang Selasa (26/12/2023) hingga Rabu (27/12/2023) pagi.

1. Ukraina Hancurkan Kapal Rusia yang Diduga Bawa Drone Shahed Iran

Angkatan Udara Ukraina pada Selasa (26/12/2023) menghancurkan kapal armada Rusia di Laut Hitam yang diduga membawa drone Shahed Iran untuk perang.

Dalam pesannya di aplikasi Telegram, AU Ukraina menyebutkan bahwa kapal besar Novocherkassk dihancurkan oleh pilot angkatan udara.

“Orang-orang bilang kapal itu mengangkut Shahed,” tambahnya, mengacu pada drone peledak buatan Iran yang biasa digunakan oleh Rusia untuk melawan Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

2. Rusia Klaim Kuasai Kota Maryinka di Ukraina Timur

Rusia pada Senin (25/12/2023) mengeklaim pasukannya menguasai Kota Maryinka di Ukraina timur sepenuhnya.

“Unit penyerangan kami hari ini sepenuhnya membebaskan permukiman Maryinka,” kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepada Presiden Vladimir Putin dalam pertemuan yang ditayangkan di televisi pemerintah.

Tumpukan puing-puing dan bangunan apartemen yang hancur di area luas dapat dilihat dalam rekaman dari drone yang ditayangkan televisi Rusia. Disebutkan bahwa itu situasi terkini Maryinka.

Baca selengkapnya di sini.

3. Ukraina Rayakan Natal 25 Desember untuk Pertama Kalinya, Tak Mau Lagi Ikut Tanggal Rusia

Natal tahun ini memiliki makna yang lebih dari sekadar spiritual bagi banyak orang Ukraina. Negara ini baru saja merayakannya sebagai hari libur nasional pada 25 Desember, bukan pada tanggal yang sama dengan Rusia.

Perubahan tersebut, yang diberlakukan dalam undang-undang yang ditandatangani oleh Presiden Volodymyr Zelensky pada Juli, mencerminkan kegelisahan warga Ukraina terhadap invasi Rusia yang telah berlangsung selama 22 bulan dan juga penegasan mereka akan identitas nasional.

Sebagian besar penduduk Ukraina beragama Kristen Ortodoks, tetapi kepercayaan ini terbagi menjadi dua gereja, salah satunya memiliki afiliasi panjang dengan Gereja Ortodoks Rusia.

Baca selengkapnya di sini.

4. Gaza Hancur, Siapa yang Biayai Pembangunannya Kembali?

Kekerasan terus berlanjut namun diskusi mengenai rekonstruksi sudah dimulai. Masalahnya, pendanaan untuk Gaza serta proyek Palestina lainnya selalu lebih dari sekadar tentang uang.

Bahkan ketika pertempuran, kematian, dan kehancuran terus berlanjut, perdebatan mengenai uang telah dimulai.

Baca selengkapnya di sini.

5. Serangan Udara Israel di Malam Natal Menewaskan Lebih dari 100 Orang

Jalur Gaza menghadapi beberapa pertempuran paling mematikan dalam perang.

Israel terus memperluas serangannya hanya beberapa hari setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menyerukan lebih banyak bantuan dan langkah-langkah mendesak untuk gencatan senjata berkelanjutan.

Lebih dari 100 orang tewas dalam serangan udara Israel pada Minggu (24/12/2023) malam di pusat wilayah Palestina yang terkepung, termasuk sedikitnya 70 orang dalam pemboman yang menghantam blok peemukiman di kamp pengungsi Maghazi, dekat Deir al-Balah, kata para pejabat kesehatan di Gaza.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/27/072602770/populer-global-ukraina-hancurkan-kapal-rusia-biaya-rekonstruksi-gaza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke