Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Longsor dan Banjir Korea Selatan, 20 Warga Tewas, 4.763 Dievakuasi

Hujan lebat di hari ketiga menyebabkan tanah longsor dan meluapnya air di sebuah bendungan.

Hingga pukul 18.00 (0900 GMT), 4.763 orang telah dievakuasi secara nasional, menurut Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan, saat air meluap di bendungan di provinsi Chungcheong Utara pada Sabtu pagi.

Dilansir dari Reuters, perintah evakuasi dari pemerintah daerah mencakup lebih dari 7.000 orang pada waktu yang berbeda, menurut pihak berwenang provinsi.

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat karena hujan lebat diperkirakan akan turun di semenanjung Korea pada hari Minggu (16/7/2023), menurut perkiraan Badan Meteorologi Korea.

Korea Railroad Corp mengatakan pihaknya menghentikan semua kereta lambat dan beberapa kereta peluru, sementara kereta peluru lainnya mungkin tertunda karena operasi yang lebih lambat, karena tanah longsor, banjir di rel, dan bebatuan yang berjatuhan mengancam keselamatan.

Sebuah kereta lambat tergelincir pada hari Jumat ketika tanah longsor menimbun tanah dan pasir di atas rel di provinsi Chungcheong Utara, kata kementerian transportasi.

Masinisnya terluka, namun tidak ada penumpang yang berada di dalam kereta.

Dalam sebuah pertemuan dengan instansi pemerintah pada hari Sabtu, Perdana Menteri Han Duck-soo menyerukan agar militer secara aktif bergabung dalam kegiatan penyelamatan.

Militer diminta bekerja sama dengan pejabat pemerintah untuk memobilisasi peralatan dan tenaga kerja.

https://www.kompas.com/global/read/2023/07/15/190000970/longsor-dan-banjir-korea-selatan-20-warga-tewas-4.763-dievakuasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke