Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KABAR DUNIA SEPEKAN] AS Mungkin Gagal Bayar Utang | Pilpres Turkiye

Sementara itu, Ukraina melancarkan serangan balik di Bakhmut dan Rusia menyerang gudang senjata Barat di timur negara tetangganya itu.

Berikut adalah rangkuman kabar dunia sepekan mulai Senin (8/5/2023) hingga Minggu (14/5/2023).

1. AS Kemungkinan Gagal Bayar Utang, China dan Rusia Diprediksi Raup Keuntungan

Pejabat AS memperingatkan bahwa China dan Rusia dapat memanfaatkan “kekacauan” yang akan terjadi apabila Amerika Serikat gagal membayar utangnya.

Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran AS, Shalanda Young, mengatakan kebuntuan di antara Partai Republik di DPR AS dan Presiden Joe Biden terkait pagu utang negara, alias batas maksimal sah bagi Pemerintah AS untuk dapat meminjam uang demi melunasi utang-utangnya, menjadi kado bagi musuh-musuh Amerika.

“Mereka menyukai ini. Mereka suka melihat kekacauan dalam sistem Amerika. Mereka senang melihat kita tidak dapat melakukan tugas-tugas kita yang mendasar. Setidaknya ini menjadi sebuah ujian tentang apa yang berhasil di dunia. Apakah demokrasi masih berfungsi dengan baik ataukah cara China yang berhasil?,” ujar Young.

Baca selengkapnya di sini.

2. Polisi Filipina Selamatkan Lebih dari 1.000 Korban Perdagangan Manusia, WNI Terbanyak Keempat

Polisi Filipina menyelamatkan lebih dari 1.000 korban perdagangan manusia yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Polisi Nasional Filipina (PNP)-Anti-Cybercrime Group (ACG) menyampaikan, sekitar 1.000 orang dari berbagai negara, yang diduga dipaksa bekerja untuk penipuan siber, berhasil diselamatkan di Clark, Provinsi Pampanga.

Warga asal Indonesia atau WNI menempati urutan keempat terbanyak dari korban yang telah diselamatkan.

Baca selengkapnya di sini.

3. Trump Dinyatakan Bertanggung Jawab Lakukan Serangan Seksual terhadap E Jean Carroll

Juri New York memutuskan Donald Trump melakukan serangan seksual terhadap kolumnis majalah Amerika E Jean Carroll pada 1990-an, dan memfitnahnya dengan mencapnya sebagai pembohong.

Keputusan tersebut diambil pada Selasa (9/5/2023) dan menjadi pukulan bagi Trump yang sedang mempersiapkan pencalonannya lagi dalam pilpres AS.

Kesembilan juri di pengadilan federal Manhattan memutuskan, Carroll berhak atas kompensasi dan ganti rugi sekitar 5 juta dollar AS.

Baca selengkapnya di sini.

4. Serangan Balik Ukraina, Rusia Mundur dari Dekat Bakhmut

Komandan pasukan darat Ukraina, Oleksandr Syrskyi, pada Rabu (10/5/2023) mengatakan bahwa tentara Rusia mundur dari beberapa daerah dekat Kota Bakhmut setelah serangan balasan pasukan Kyiv.

Menurut keterangan Syrskyi, pasukan Rusia mundur di beberapa garis depan Donetsk hingga dua kilometer.

"Kami melihat hasil tindakan efektif unit kami," kata Syrskyi, menjelaskan bahwa pasukannya melancarkan serangan balik di beberapa bagian garis kontak di sekitar Bakhmut.

Baca selengkapnya di sini.

5. Pilpres Turkiye Memanas, Muharrem Ince Mundur 3 Hari Jelang Pemilihan

Seorang kandidat dalam Pemilihan Presiden Turkiye, Muharrem Ince, mengumumkan pengunduran diri dari pencalonannya pada Kamis (11/5/2023) atau tiga hari sebelum pemungutan suara.

Pria berusia 59 tahun itu mengumumkan keputusannya setelah menjadi sasaran kampanye fitnah online yang mencakup foto palsu dirinya bertemu perempuan dan berkeliling dengan mobil mewah.

Dalam catatan, sosok nasionalis sekuler tersebut pernah meraih 30,6 persen suara ketika dia menantang Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam jajak pendapat 2018.

Baca selengkapnya di sini.

6. Rusia Serang Gudang Senjata Barat di Ukraina Timur

Rusia pada Minggu (14/5/2023) menyerang gudang senjata Barat dan pasukan Ukraina di Kota Petropavlivka, Ukraina timur.

Serangan yang sama juga terjadi di Kota Ternopil, Ukraina barat.

Angkatan bersenjata Rusia "melancarkan serangan dengan senjata berbasis laut dan udara jarak jauh berpresisi tinggi di titik-titik pengerahan angkatan bersenjata Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2023/05/15/063100770/-kabar-dunia-sepekan-as-mungkin-gagal-bayar-utang-pilpres-turkiye

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke