Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polandia Bangun Pagar Kawat Berduri di Perbatasan Dekat Rusia, Ini Alasannya

WARSAWA, KOMPAS.com – Polandia akan membangun pagar kawat berduri di perbatasannya dengan daerah kantong Rusia, Kaliningrad.

Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan pada Rabu (2/11/2022), pagar kawat berduri tersebut rencananya akan setinggi 2,5 meter.

Blaszczak menambahkan, pembangunan pagar kawat berduri dengan perbatasan Rusia tersebut akan segera dilaksanakan, sebagaimana dilansir Reuters.

Pagar kawat berduri tersebut dibangun di tengah kekhawatiran bahwa Kaliningrad sebagai daerah kantong mungkin menjadi saluran untuk migrasi ilegal.

Blaszczak mengutip diperlukannya keamanan ekstra, merujuk krisis migran tahun lalu ketika ribuan migran Afrika dan Timur Tengah mencoba menyeberangi perbatasan Belarus ke Polandia.

Saat itu, Uni Eropa menuduh Belarus, yang merupakan sekutu Rusia, menerbangkan para migran dari Afrika Timur Tengah dan sebagai bagian dari kampanye perang hibrida untuk mengacaukan Eropa.

Di sisi lain, Belarus membantah melakukan kesalahan.

Blaszczak menuturkan, pagar kawat berduri di perbatasannya dengan Kaliningrad akan serupa dengan yang dibangun Polandia di sepanjang perbatasan dengan Belarus tahun lalu.

Bulan lalu, majalah bisnis online Russia, Briefing, melaporkan bahwa Kaliningrad berusaha menarik maskapai penerbangan dari Teluk Arab dan Asia.

Di Kaliningrad terdapat kehadiran militer Rusia yang signifikan.Daerah kantong ini diapit antara Polandia dan Lituania.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/02/190100470/polandia-bangun-pagar-kawat-berduri-di-perbatasan-dekat-rusia-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke